TURIS LOKAL : Jogjakarta, Bestfriend's wedding dan Kereta Api

16:59



Hi there people....
Selamat datang kembali...

Postingan kali ini, gue mau cerita tentang perjalanan gue ke Jogjakarta. Seru abishhhh... Mengingat pekerjaan gue yang serabutan, gue memang belum bisa menemukan waktu yang enak banget buat mewujudkan cita-cita gue untuk keliling Indonesia. Dan somehow gue memang lebih kepingin dan tertarik menjelajah dalam negeri dibandingkan dengan luar negeri. Nah, minggu kemarin, mumpung ada undangan kawinan juga, sekalian deh jalan-jalan sedikit. 

Perjalanan ini sudah sangat gue nanti-nantikan. Karena ini adalah pernikahan salah satu sahabat gue, Edwina & Jonas. Mengingat lika liku perjalanan cinta mereka, gue seneng dan excited banget dengan new beginning buat mereka ini. Gue sudah pesan tiket kereta dan hotel dari jauh-jauh hari. And can't wait the whole month to be on that train. 

KERETA API

Karena gue besar didaerah yang bisa dikatakan sebagai pedalaman, maka gue emang hampir ga pernah naik kereta api. Oleh karena itu, dimana ada kesempatan, kalau waktunya memungkinkan, gue lebih milih naik kereta api dibandingkan pesawat. Itu gue anggap sebagai anugerah  Tuhan untuk menikmati semua blessings kehidupan yang Dia kasih. Alam yang indah dari ujung ke ujung. Me loving it.

Ruang tunggu di gambir udah nyaman dan penuh resto. Jadi soal makanan aman. Mulai dari resto yang internasional, nasional, sampai nasional yang keinternasionalinternasionalan.

Gue naik kereta eksekutif Argo Dwipangga. Sangat-sangat mudah. Beli tiket kereta api udah sangat-sangat mudah. Udah kayak belanja online deh. Cepet banget. Gue beli via Tiket.com, isi biodata untuk buat account, lalu isi jadwal keberangkatan dan pulang, trus dikasih waktu 60 menit buat transfer. Bisa via transfer atm, atau bisa juga via mbanking/sms banking (jam kerja only). Literally, gue lakukan ini dalam waktu kurang dari 15 menit. Tiket bisa di beli bahkan dari 90 hari sebelumnya, dan bisa pilih kursi sendiri. So easy.

Naik kereta api udah mudah. Tinggal menghibur diri sendiri aja selama perjalanan

Setelah melakukan pembelian, nanti dapet email untuk kode booking. Di hari H tinggal dateng, paling lambat 1 jam sebelum waktu keberangkatan, tepat di pintu masuk, ada mesin pencetak tiket yang gampang banget digunakan, tinggal masukin kode booking, trus udah deh di print. Jangan sampai hilang, karena hanya bisa 1x print. Trus langsung masuk dehhhhh.... Menurut teori, barang bawaan akan diperiksa baik dari dimensi dan beratnya, katanya sih max 100dm3 dan 20kg. Tapi secara praktek, gue bebas-bebas aja sih. Hanya ada pemeriksaan ktp doang. 

Perjalanan sih puji Tuhan lancar banget. Tapi please pay attention on this...

1. Tissue basah dan tissue kering wajib dibawa. Untuk alasan higienis aja sih. Karena kamar mandinya dipakai bersama, ada tissue sih, tapi ya gitu, di taro gitu aja.

2. Cium makanan yang ditawarkan di kereta. Karena makanan yang ditawarin ke gue udah bau tengik, dan ga bisa di makan. Saran gue sih mending beli di stasiun aja, baru bawa ke kereta. Dan inget, ga seperti pesawat, makanan dan minuman di kereta ga gratis. Dan sorry, ga enak. Bawa air putih yang banyak.

3. Kalo lo naik kereta malem, pilih gerbang yang jauh dari kepala kereta. Masinisnya hobi bener nglakson. Tiap berapa menit sekali. Kalo di depan kedengeran banget. Harganya beda dikit sih. Tapi daripada ga bisa tidur. 

4. Bawa barang-barang yang bisa menghibur di perjalanan. Biar ga bosen. Disediakan colokan kok buat ngecharge.


JOGJAKARTA

Ini bukan kali pertama gue pergi ke Jogjakarta. Selama ada bencana Merapi & gempa Bantul, gue bolak-balik kesana. Tapi karena tugas relawan, ya nggak bisa kemana-kemana. Makanya perjalanan kali ini rasanya kayak pertama kali. 

Gue nginep di hotel daerah Cangkringan, Kaliurang km17. FYI, lo jangan percaya sama "deket" nya orang Jogja. Hahahhaa. Aslikkkk 20km dibilang deket. Pas dijemput dari stasiun sumpeh gue ngerasa nggak sampe-sampe. Tapiiiiii.... hotelnya lebih dari worth it. Nama hotelnya Griyakoe. Dan walau jauh, gue nggak nyesel sedikit pun... Tempatnya bagus, dan interiornya Vintage. Harganya juga nggak mahal. Seneeennngggg bangetttt....


Tempatnya asri dan homie, dipenuhi dekorasi dan interior vintage. Sepi dan udaranya asik. Kalo malem ada suara jangkriknya. Buat gue itu MAHAL banget!!! Yang mahal lagi adalah sarapannya. My goodness!! Di tempat sarapannya, bener-bener ngadep ke gunung Merapi. Dan sarapannya semua makanan Jogja. HAPPY!!! I am so gonna go back here.


Selain menikmati hotel gue yang asri, gue juga sempet pergi ke pasar Bringharjo untuk beliin kebutuhan si mbah. Sayangnya gue nggak keburu untuk nganter sendiri ke mbah, karena kak Rhisma dan kak dokter sedang acara kantor di Bali. Di pasar Bringharjo gue beli beberapa batik dan tentu aja gue makan sego pecel. Makjanggggg, enaknyaaaaa....... 


Di hari berikutnya gue pergi ke Borobudur bersama temen gue, Vivi dan juga suami dan anaknya. Waktu kejadian Merapi gue ikutan jadi relawan yang bersihin Borobudur, tapi ya itu dia, untuk tugas. Pas yang kali ini cuma liat-liat aja. FYI, pastiin lo lagi kuat jalan ya kalo ke Borobudur. Karena untuk keluar dari komplek candi, jauh bangetttt. Ada 8 plang "Keluar" dan belum keluar-keluar juga. Hahahaha... Senengnya, lo bisa liat kerajinan sih di sepanjang jalur itu. Termasuk batik-batik murah meriah. 




THE WEDDING

Wina adalah salah satu sahabat gue dan juga teman kerja di backstage crew. Biasanya kami kerja sama di event-event musik semacam Java Jazz. Bergadang bersama, dan berpegal-pegal bersama sudah biasa. I felt really happy waktu dia minta gue jadi Bridesmaidnya dia. Super duper happy. Makanya gue excited banget untuk merencanakan perjalanan ini.


Pernikahan Wina sangat simple, intimate dan juga warm. It's beautiful. Sebelum hari H diadakan Sangjit, semacam lamaran untuk orang Tionghoa. I did her makeup for that event, which made me feel honoured. Sebagai Bridesmaid gue berasa berguna. Hihihihi. Tapi serunya, semua bridesmaid Wina sangat amat berguna. Vivi, adalah seorang MUA juga, dan penyanyi. Serta dia adalah ahli Sangjit. Jadi hari itu kita mengikuti komandonya dia aja. Cindy adalah sepupunya Wina. Seorang graphic designer, yang juga turun tangan langsung untuk menangani dekorasi di kawinan Wina. Jadi selain bridesmaid, kami juga adalah tim sukses. Hahahaha.... 


Karena acara resepsinya outdoor, kita semua deg-deg-an banget akan hujan. Tapi puji Tuhan semua baik-baik aja. Puji Tuhan juga semua berjalan lancar, dengan segala kekurangannya, semua happy dan Wina & Jonas pun kelihatan happy. Tamu yang datang juga happy. Bridesmaids dan groomsmen pun tak berhenti makan. Hihihihihi..... That night was unforgettable. 


Sepulangnya dari Jogja, I feel really happy, my heart is full and my soul's content. Bahagia banget. Gue berencana akan mengulang perjalanan ini, dimana gue bisa menikmati Jogja seutuhnya. Dan bisa ketemuan sama temen-temen blogger nggak pake susah ngatur waktu. Hikssss... Padahal udah janjian sama Popon, tapi ga bisa ketemu. Untung aja aku disamper sama si Barbie Jawa, Sofia, jadi bisa ketemuannnnn..... Malah di selamatkan event ini olehnya. Hahahahha... Terimakasih sayangggg...

Next, pasti kesana bener-bener cuman buat liburan dan jalan-jalan. I will fall deeper in love with Jogja. I can feel it already.....


You Might Also Like

7 comments

  1. Jogjaa ngangenin yaa, itu me time di kereta hahaa..tapi dulu makanannya lumayan, udah lama bgt jaman kuliahan..

    ReplyDelete
  2. Baca ceritanya kok jadi ikut seneng ya :)

    ReplyDelete
  3. Akunya jadi kangen Jogja. Kapan kapan main bareng yuk ke Jogja ^^

    ReplyDelete
  4. Hotelnya bagusss.. mirip villa, asri banget. Kayaknya bakal saya kantongi referensinya kalau ke Jogja. Thanks for sharing! :D

    ReplyDelete
  5. Jogja memang gak ada habisnyaaa
    gak cukup sehari dua hari deh kalo kesana.
    harusnya minimal seminggu tuh

    ReplyDelete
  6. Bridemaids nya cantik cantik semuaaaaa
    Dija suka sama gaun seragamnya itu

    ReplyDelete
  7. itu hyatt jogja kaaaaan ahahahahaha... i work there, tau gitu pas acaranya tak culik dulu mbake biar bisa minta ajarin make up XD

    ReplyDelete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)