Makeup Untuk Kulit Berjerawat

10:58



Hi there...

Postingan kali ini sebenernya udah lama mau dinaikin, tapi keburu harus pergi ke Jogja. 
Ini juga adalah postingan yang udah banyak banget di request. Dalam pekerjaan gue sebagai makeup artist, gue menemukan banyak sekali jenis kulit. Termasuk yang berjerawat. Dan semua menginginkan hasil yang sama, yaitu flawless complexion.

Yang harus diingat adalah Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat common. Untuk menghilangkan jerawat, kita harus cari tau dulu kenapa kita jerawatan. Apakah hormonal, sensitif terhadap sesuatu atau alergi atau apa gitu yang lain. Dan sebisa mungkin, jerawat ya diobatin jangan cuma ditutupin makeup. So go see a doctor and take care of it. Karena kulit adalah kanvas untuk makeup kita. Semahal apapun makeup kita, kalau kanvas nya kurang baik kondisinya, hasil makeupnya nggak akan sempurna.

Tapi dalam kasus hari ini, gue akan coba kasih tips and tricks buat yang jerawatan dan mau pakai makeup. Mungkin ada acara khusus yang memang butuh makeup.


Ini adalah Meyrina, partner gue yang suka bikinin rambut di client gue. Meyrina berjerawat karena hormone pills yang sedang dia take untuk program hamil. Jerawatnya merah dan juga keluar seperti abses dan timbul. 

Let's start....

PREPARATION

Clean Face
Always and always start with a clean face. Bersihkan wajah dari kotoran dan minyak sebelum makeup. Biasanya kulit berjerawat akan lebih sensitif apabila ada yang menyumbat pori-pori. Jadi untuk makeup yang lebih tahan lama tanpa menambah masalah, clean face is a must.

Skin Care
Ini juga nggak boleh di skip. Apapun skin care yang kamu pakai, drugstore, high end, prescript atau home remedy, pakai dulu. Mulai dari toner, pelembab sampai UV protection. Skin care akan mempersiapkan kulit untuk makeup. 

Primer / Makeup Base
Primer akan memberikan barrier atau perlindungan tambahan untuk kulit dari makeup. Pilih oil-free primer atau primer makeup untuk kulit yang acne prone atau kulit sensitif. Matte primer dengan tekstur liquid juga bagus, karena biasanya oil-free dan tidak akan menyumbat pori-pori serta membantu mengontrol minyak.

Now on to the makeup....

STEP 1 : Color Correcting


Selain memiliki tekstur, jerawat juga memiliki warna. Kebanyakan antara merah atau keunguan. Untuk mempermudah pemakaian foundation, cancel dulu warna jerawatnya. Supaya tidak perlu terlalu banyak layer foundation nantinya, dan membuat kulit jadi terlalu berat. 
Corrector hijau akan menetralisir warna merah atau keunguan pada jerawat. Untuk jerawat yang parah seperti pada wajah meyrina ini, corrector dengan tekstur cream seperti punya MakeOver ini sangat efektif. Karena hanya butuh sedikit. Aplikasikan dengan kuas di tiap jerawat, lalu tepuk-tepuk dengan tangan. 

STEP 2 : Foundation
Selalu pilih liquid foundation dengan coverage medium atau full. Supaya tidak banyak layer dibutuh kan untuk cover color correction. Foundation dengan coverage yang baik, tidak membutuhkan banyak layer untuk menutupi noda-noda pada wajah, color correction yang sudah kita buat, dan juga akan menjaga kulit untuk terasa tetap ringan dan nyaman, dan yang udah-udah lebih baik untuk kondisi kulit yang lagi kurang baik, dibandingkan dengan menggunakan foundation dengan tekstur cream atau cair tapi dengan coverage sheer yang harus di layer dan layer dan layer terus.
My Favorite is : Makeup Forever HD Foundation, MAC Matchmaster, MakeOver Matte Foundation.

Tips :
Aplikasikan foundation dengan menggunakan beauty sponge ditepuk-tepuk, jangan dengan kuas. Karena kuas bisa merusak color correction yang sudah kita buat di awal. Selain itu, kuas dengan bulu yang kasar bisa menimbulkan gesekan dan microdermabrasi yang nggak diperlukan, yang akhirnya bisa memperparah keadaan kulit. Belum lagi bakteri yang mungkin ada bisa menyebar dan menambah timbulnya jerawat.

STEP 3 : Spot Concealing & Bedak

Setelah pemakaian foundation, perhatikan lagi kulit. Apakah masih ada yang perlu ditutupi. Terutama pada jerawat yang timbul. Kalau memang masih ada, lakukan spot concealing dengan concealer. Untuk jerawat yang timbul, konsentrasi di lingkar luar jerawat tersebut itu, karena biasanya disitu spot yang kelewatan. Pakai kuas concealer bisa mempercepat proses ini. 

Setelah itu, pakai bedak untuk mengunci semua proses dan produk yang sudah kita lakukan dan pakai. 

Tips.
1. Untuk spot concealing, pilih warna concealer yang sama dengan warna kulit / foundation yang dipakai.
2. Untuk makeup yang lebih tahan lama, kunci makeup dengan loose powder dengan menekan kuas, jangan geser atau melingkar supaya tidak merusak apa yang sudah kita lkikan, lalu dengan bedak yang memiliki coverage tambahan seperti mac studio fix. 
3.Based on my experience bedak yang mineralize membuat kulit lebih cepat berminyak, dan nggak tahan lama. So I recommend to stay away from that kinda powder. By the end of the day the skin will looks terrible.

Complexion done!!!
Setelah ini lanjutin deh dengan makeup step selanjutnya. 

NOTES :

Stay Matte
Semua yang mengandung shimmer, apalagi glitter akan membuat segala kekurangan / tekstur lebih prominent. Jadi stay with matte. Terutama bronzer dan blush on. 

Setting Spray
This is your new best friend. Dengan begitu banyak produk yang dipakai, setting spray akan membuat semua menyatu dan menempel pada kulit, membuatnya terlihat lebih baik dan juga bertahan lebih baik.

Be realistic on your expectation.
Makeup dirancang untuk menyamarkan bukan untuk merubah secara tekstur atau bentuk. Kulit yang berjerawat bisa disamarkan dengan menyempurnakan warna kulit. Tapi untuk tekstur yang timbul keluar akan sulit untuk dihilangkan secara total. Hanya diberikan ilusi menghilang melalui warna. 

Take care your skin.
Ingat, skin care always comes first. Obati jerawatnya. Jangan pakai makeup terlalu sering /  lama, selama jerawat masih ada. 


Selesai....
Semoga postingan ini membantu yaaaa...
Good luck.




You Might Also Like

6 comments

  1. nice tips :) thanks for sharing~

    ReplyDelete
  2. Wowwww gitu ya mbak tips nya.
    Aku jg berjerawat, makanya pake make up nya tipis2 aja sih, kalo ketebelan suka makin meradang :(
    Makasih tipsnya ya

    ReplyDelete
  3. wiii bisa jadi mulua gituuu.. kereeen

    hai-ija.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. wajahnya jadi semulus itu ya, kekuatan make up memang luar biasa.

    ReplyDelete
  5. Kalau boleh tau merek yg digunakan apa aja ya?

    ReplyDelete
  6. Beda y apa corrector sm concealer..
    Primer sm fondatiom

    ReplyDelete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)