TWO WAY STREET

22:40

WARNING : Bukan postingan tentang makeup & Beauty.

Hi there...
Sooooo...... Yeah... FYI, this post will not just be about makeup & beauty. 

Here's the thing...

Gue nggak bermaksud untuk menjadi kontroversial atau apapun itu lah namanya. Tapi otak dan perasaan gue lumayan tergilitik dengan Issue ini. Pasti lo semua sudah baca dan tau tentang IRONMAN Bali, yang mengclaim bahwa dia menciptakan alat bantu untuk tangannya yang stroke, dengan menggunakan signal otak. 
Nope, gue nggak akan membahas dari segi teknis mesin atau kedokteran atau yang begitu-begitu. Karena gue tau bahwa gue bukan ahlinya. 

Pertama kali gue membaca berita soal itu yang di share oleh teman-teman, gue nggak percaya. Apalagi saat dia bilang itu menggunakan signal otak tanpa menggunakan software tertentu.
Walaupun gue gaptek setengah mati untuk urusan komputer, tapi gue terobsesi dengan ilmu Quantum Mekanik, history dan juga astronomi. That is why, gue follow beberapa account yang berhubungan dengan itu di sosmed gue. 
Obsesi gue membuat gue selalu mengikuti postingan / upload terbaru dari akun teknologi di youtube. Dari situlah gue tau informasi tentang teknologi yang dikembangkan untuk kemanusiaan dan juga kedokteran. Dari situ juga gue tau informasi soal development teknologi signal otak dll. That's why buat gue, this Ironman thingy is just another media bullshit.

Adalah seorang PHD lulusan Jepang, menganalisa tentang tangan robotik tsb. Beliau adalah expert di Neuroscience, ilmu yang sedang dipelajari oleh adik gue, Vinska Talitha. #proudsisteralert . Analisanya sangat bagus, humble dan juga scientifically explainable dengan bahasa yang sangat mudah dimengerti untuk orang awam kayak gue. Well, paling nggak sebagian orang awam. Tapi lalu gue kaget membaca kolom komen di postingan beliau. Beberapa yang paling hits adalah :

"IRI...!!!"
"Daripada lo lulusan luar negeri tapi nggak bikin apa-apa buat masyarakat Indonesia.."
"Sombong kau pamer-pamer lulusan luar negeri.."
"Walaupun kau lulusan luar negeri, hendaklah kamu rendah hati. Lihat kau di bully. Mungkin Allah tidak sedang berpihak padamu. Mungkin amalmu kurang banyak.."
"Percuma kau pintar tapi imanmu sedikit. Sombong kau."
"Yang penting pak Ironman kreatif dalam melangsungkan hidupnya."
"Mau benar mau salah kek, yang penting pak Ironman tidak menyerah.. Jangan cuma bisa ngomong doang kau. Apa yang sudah kau bikin untuk negara ini..."
"Dasar cuma bisa nyinyir..."

Now wait... wait...

Penulis adalah seorang dokter bedah syaraf, yang kuliah di Jepang. Mau pamer? Lahhhh dia emang kuliah di Jepang. Apa yang sudah dia berikan untuk negara ini? Hellooooowww... Dokter Rizki Edmi saat ini sedang meneliti dan mengembangkan alat pemeriksaan otak yang tidak memancarkan radiasi, mudah dibawa kemana-mana dan murah. Kalau sampai beliau berhasil, bukan orang Indonesia aja yang tertolong. Tapi seluruh dunia malihhhh... Kenapa belum ada barangnya? etdehhhh, ngerakit radio rusak aja bisa sehari semalem, apalagi yang beginian... Cuma bisa nyinyir? Nah ini nih... Nyinyir bagaimana... Saat ini dunia kedokteran memang sedang mengembangkan berbagai teknologi bionic untuk menolong manusia yang memiliki kekurangan organ luar (difabel) untuk bisa hidup seperti orang normal. Dan penggunaan signal otak itu sedang dikembangkan oleh orang disonoh. Silahkan cek youtube nya TED soal presentasi exosceleton. 

Wajar aja kalau seorang neuroscientist, yang terus jadi penasaran, karena ada orang Indonesia yang bisa menciptakan sesuatu menggunakan signal otak, dari barang bekas, ngalahin ilmuwan diluar negeri yang modalnya jutaan dollar. Iri sama publikasi dan ketenaran yang didapat? Booooo.... Dia itu keynote speaker di International Young Scientist Conference on Analytical Science tahun 2013. Kalo dia suka publicity stunt, mesti dia bragging soal itu di tulisan dia soal Ironman Bali ini, which he is not.

Gue yakin pak dokter nggak perlu pembelaan gue. Dan gue juga bukan mau cari muka atau memanfaatkan situasi biar ikutan terkenal. Tapi gini, bedain dong nyinyir sama kritis. Nyinyir itu kalo lo cuma ngomongin orang, tanpa lo tau apa yang sebenarnya terjadi dan cuman buat jatuhin orang. Ini kan yang ngomong punya ilmu nya dan punya pengalamannya. That's one huge difference. Cara bekerja nya scientist ya meneliti dan menganalisa. Nah itu kan dia menganalisa. Masa dia berbicara berdasarkan fakta dan ilmu yang bener-bener dia mengerti ngana bilang nyinyir. Gue tuh nyinyir, itu baru bener. Hahahahahahaha..... #sorrynotsorry

My whole point is....

The world we live in is two way street. ACCEPT THAT. Ada yang setuju, ada yang nggak setuju. Nggak apa-apa kok pada berempati sama bapak ironman, nggak salah. Tandanya kita orang baik. Tapi ya nggak papa juga dong kalau ada orang yang nggak empati, apalagi orang itu bisa membuktikan secara ilmiah alasan dia tidak berempati. Sama halnya dengan makeup. nggak apa-apa perempuan nggak suka pake makeup, tapi ya nggak apa-apa juga dong kalau ada yang suka pake full makeup tiap hari. Sama halnya juga dengan nggak apa-apa lo mendukung LGBT di legalkan, tapi ya nggak apa-apa juga dong kalau ada orang yang nggak setuju. Lo harus bisa terima pendapat orang juga dong, kalo nggak terima, sampaikan pendapat lo dengan baik, jangan cuma menghina-hina. Bedakan antara mengutarakan pendapat dengan ngebully.
Sekarang gue geregetan karena gue merasa bapak ironman bohong. Kenapa? berbekal ilmu gue yang sedikit ini yang gue tau dari buku yang gue baca dan nonton youtube, gue merasa nggak mungkin sesuatu yang canggih begitu nggak pake software. Tapi ya itu deh, gue nggak bisa buktiin. Karena gue bukan scientist. Sekarang ada scientist yang jelas-jelas ahli dibidang itu, giliran dia menganalisa, lah iya dia di bully. Sampai bawa-bawa iman dan ketuhanan pula. Hahahahahahaha..... Beda jurusan beda sks banget itu bung....

Tuhan ciptain logika dan rasa buat kita. Buat dipake barengan. Jangan hal yang harusnya pake rasa, lo pake logika. Begitu juga sebaliknya. Ini udah jelas-jelas harusnya pake logika, jangan Baper cuma gara-gara dia orang yang kurang mampu dll. Jangan bilang gue nggak ngerti soal ini. Gue hari-hari sama anak jalanan, ngurusin anak jalanan. Dan supaya lo tau, nggak gampang merubah mental keras orang-orang di jalanan mantan copet, mantan yang jahat-jahat untuk bisa kerja bener dan nggak mencari nafkah dengan cara yang salah. Termasuk dengan membohongi orang. Makanya maaf ya, I don't buy this bullshit. Buat gue, mereka yang baper nggak pada tempatnya adalah orang-orang yang bermental termehek-mehek...  Kebanyakan nonton sinetron dan realiti show. 

Why do I bother to write this?
Karena gue tau, gue kenal, dan gue lihat pake mata kepala gue sendiri, banyak orang-orang kurang mampu diluar sana, dengan segala keterbatasannya beneran bekerja, beneran cari nafkah tanpa membohongi orang lain. Somehow gue ngerasa banyak yang lebih pantas untuk dibantu. Pantas untuk dijadikan inspirasi dan pahlawan kehidupan. Apa gue bilang pak Ironman pembohong? No. Gue cuma bilang, I don't buy his story. Dia bohong apa nggak urusan dia sama Tuhan. Tapi menurut gue juga, yang benar ya benar, yang salah ya salah. Jangan sampai kita menjadikan Villain sebagai Hero, begitu juga sebaliknya.

Dan buat gue, pak Ironman adalah tambahan alasan kenapa gue sudah nggak bisa percaya dengan media di negara ini. 




You Might Also Like

3 comments

  1. iya, media emang gitu...
    apalagi media yang mengejar klik... dengan bermodal judul bombastis
    diperparah dengan netizen yang asal share tanpa kroscek berita dulu
    lengkap

    ReplyDelete
  2. Kadang suka bacain komen2 dari suatu berita, yaa ada yg bikin gregetan, ngakak dan macem2 yaa tingkah orang di luar sana :)) bener, harus bisa nerima pndapat orang lain

    ReplyDelete
  3. Anda mencari jasa rental mobil di jogja terbaik yang paling direkomendasikan?? Kami harap rentalanjogja.com menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Kuruma Sewa Mobil Jogja menyediakan jasa sewa mobil di jogja harian dan mingguan dengan armada terbaru dan terawat.
    rental bus dijogja menyediakan berbagai tipe bus pariwisata jogja antar kota maupun dalam kota. Bus-bus yang kami sediakan selalu dalam kondisi prima dan baik. Dari segi fisik luar maupun kondisi mesin, bus kami telah melalui standar cek sebelum digunakan. 

    ReplyDelete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)