Makeup Trick vs Commonsense

09:54


Hi girls...
How you doin....

Setiap kali ngajar makeup, sebelum mulai kelas, pasti gue akan nanya, gimana sih cara klien gue biasanya bermakeup. Karena akan lebih mudah gerak dari sana. Nah, untuk memperjelas, gue nggak akan bilang ini adalah kesalahan, karena nggak ada yang salah dan nggak ada yang bener dalam bermakeup. Tapi, tentu aja, lets use commonsense. Kalo diantara kamu ada yang suka gambar atau melukis, pasti akan paham hal-hal yang akan gue bicarakan dibawah nanti. Tapi kalo diantara kamu masih ada yang melakukan hal-hal yang dianggap tidak commonsense, well, gue nggak bilang itu salah ya... Cuma nggak common. Dan buat orang-orang dengan OCD dalam bentuk dan proporsi seperti gue, mungkin ga make sense. Begitu juga sebaliknya. Soooo, ini adalah postingan damai, dan bukan cari musuh atau sensasi ya... Karena I'm sensational enough already... :D

Lets begin....

STATEMENT
"Karena kulitnya berminyak, jadi sebelum makeup nggak usah pake apa-apa, nanti makin berminyak."

COMMONSENSE
Pelembab diciptakan untuk bermacam-macam kulit, dengan bahan dasar yang juga disesuaikan. Untuk kulit berminyak biasanya yang waterbase. It's a huge mistake untuk nggak pake apa-apa sebelum bermakeup. Pelembab dan primer membantu menyiapkan kulit kita untuk makeup. Ibarat lukisan, Makeup itu hanya cat dan kuasnya. Kulit adalah kanvasnya. Semahal dan seceria apapun itu cat dan kuasnya, kalo kanvasnya nggak rata dan halus, ya hasilnya akan sama aja. Pelembab membantu kulit kita mengontrol produksi minyak pada wajah. Primer membuat makeup menjadi tahan lama. Justru karena kulitnya berminyak, we need a lot of base. 

my favorite moisturizer for oily skin. Never failed me.

STATEMENT
"Nggak perlu pake makeup apapun, cukup pake lipstick merah aja. Udah langsung berubah..."

COMMONSENSE
Indeed. Lipstick merah memang bikin berubah. Tapi gini, warna merah di bibir itu adalah warna yang sangat bold dan berani. Kalau dipakai begitu aja, menurut gue efeknya berkurang, dan yang ada malah mukanya bibir semua. Kecuali kalo kamu punya kulit super perfect, nggak ada blemishes, dark circle, dan punya alis yang di sulam selalu terlihat menawan, hands down, you're good to go. Kalau nggak, please please please girl... Listen to me... Red lips demands at least one trimmed and decent eyebrow. 

This is not working... not for me tho... Red Lips needs commitment and effort. :p

STATEMENT
"Kalo mata dan kelopaknya kecil atau hilang, biar keliatan besar, pake eyeliner aja yang tebel. itu bikin mata terbuka..."

COMMONSENSE
No no no.... For me, it's wrong in so many level. Udah tau kelopaknya kecil, kenapa malah ditutup jadi hitam semua. Yang ada malah keliatan makin nggak punya kelopak. Makeup is about giving illusion. Kalau kelopak matanya kecil, ya dikasih ilusi biar keliatan agak besar. Memberikan bayangan dan definisi pada mata lebih baik daripada pake eyeliner tebel. What are you tryin' to do? memberikan ilusi garis matanya naik? Sorry babe, you're not fooling anybody.... Eyeshadow is the answer. Pakai eyeshadow cokelat diatas lipatan mata (crease) dan eyeliner putih di waterline bawah untuk memberikan ilusi mata lebih besar. Semakin kecil kelopak matanya, semakin kecil juga seharusnya eyelinernya.

Use your imagination ya. Yang kiri nggak pake eyeliner berat, yang kanan cuma eyeliner. 
See? you aint foolin' anyone gurl.....

STATEMENT
"Alis sinchan itu overrated dan nggak cocok untuk siapapun."

COMMONSENSE
Alis itu adalah hak perogrative setiap perempuan. Balik lagi ke selera masing-masing. But lets talk about this. Alis itu adalah bingkai wajah, yes? Besarnya bingkai berarti harus sesuai dengan besarnya foto yes? Nah bicara alis, berarti bicara proporsi. Kalo wajahnya kecil, dahi nya kecil, mata kecil, bener alis sinchan nggak akan cocok. Karena akan jadi ga seimbang. But lets say, dahi nya besar, matanya besar, agak bulge, alis yang tebal akan membuat wajah jadi seimbang. Lihat contoh dibawah ini. Makeup yang gue lakukan untuk my dearest Mba Fina. Mba Fin dahinya lumayan lebar seperti gue, matanya besar dan agak bulging, bisa dilihat dari foto beforenya. Alis aslinya ya gitu tuh, tipis dan menukik. Kalo gue ngikutin aslinya, akan ada kekosongan di bagian dahi, matanya akan terlihat jauh, hidung terlalu lebar dan juga bulge dibawah matanya akan makin nonjol. You don't have to agree with my so-called theory, but be honest, kita semua pernah membicarakan ibu ibu yang meniru alisnya KD yang tipis dan menukik dan hitam itu kan???? Hihihihihi.... Only KD who can pull it off....

I'm obsessed with her big black beautiful eyes...

STATEMENT
"Pake foundation yang lebih terang dari warna kulit kita. Biar keliatan lebih cerah."

COMMONSENSE
Gue paling susah untuk menjelaskan ini nih. Huehehehe. Tapi gini, pernah liat orang kalo difoto mukanya keliatan abu-abu? Nah itu dia yang namanya oksidasi. Karena warna foundationnya nggak sesuai. Makeup dilihat bagus atau nggak nya, bukan beberapa menit setelah makeup, tapi berjam-jam setelahnya. Kalo foundationnya lebih terang, warna kulit kita akan kelihatan nongol dan itulah yang bikin kelihatan belang belonteng. Belum lagi akan kelihatan berbeda dengan leher dan badan kita, Kelihatan seperti topeng, Tugas foundation adalah untuk menjadi base supaya kulit terlihat rata warnanya. Kalau mau lebih cerah, proper use of highlighter dan pemilihan blush on yang tepat will do the trick kok. Sisanya, rawat kulit yang baik kalo mau cerah.

Yang kiri gue pake foundation yang sesuai untuk kulit gue, yang kanan cuma beda 1 shade lebih terang. Ofcourse kelihatannya sama aja. 
Tapi lihat bagian dahi, dan bandingkan dengan leher. Yang kanan lebih putih. 
Lihat juga daerah sekitar bibir dan bawah pipi, lebih gelap kan? nah nanti setelah beberapa jam, daerah itu duluan yang akan jadi abu-abu. 
Masalah lainnya adalah saat pake blushon atau bronzer, warnanya akan jadi terlalu mencolok dan nggak menyatu.


STATEMENT
"Kalau mau bibir keliatan besar, pake lipgloss yang banyak"

COMMONSENSE
Lipgloss adalah produk makeup yang memberikan efek glossy pada lipstick. Kalau digunakan secara tepat akan membuat bibir terlihat sehat. I personally, not a fan of lipgloss. I'm all about that matte. Benar lipgloss bisa membuat bibir terlihat besar, kalau digunakan hanya di bagian tengah bibir dan berguna seperti highlight. Kalau dipakai terlalu banyak, malah kelihatan terlalu basah, dan bentuk bibir akan terlihat kurang jelas.

My camera is lame. Aslinya bibir keliatan super basah dan nggak beraturan. Doesn't look good. Doesnt feel good either.

STATEMENT
"Supaya bibir keliatan besar, pake lipliner dengan warna yang lebih tua."

COMMONSENSE
Ini adalah trend yang dipopulerkan oleh Priscilla Presley, istrinya Elvis Presley. Tentu aja ibu kita pasti pernah mengikuti trend ini. I'm not gonna fight you about this, but just look at this picture. Apakah kelihatan natural? still good? really?


Bibir gue, no doubt, besar dan plump dari sananya. Tapi kalau mau dibesarin lagi juga bisa kok. Pakai lipliner yang sama dengan warna lisptick yang mau kamu pake. Garis bibir mengikuti garis yang paling luar dari bibir, a bit goes a long way.Lalu kasih highlight di bagian bibir atas dan juga tengah bibir bawah.



I'm not here to judge, or tell you what to do with your makeup. Tapi kalau dilakukan dengan baik dan benar, makeup benar-benar bisa menolong kita untuk tampil lebih segar dan cemerlang. Dan kalau kamu termasuk salah satu yang masih melakukan hal-hall diatas, well I got nothing against you. Silahkan lakukan apapun yang ingin kamu lakukan. It's your face, your makeup, your way.

Have a great day girls....




You Might Also Like

2 comments

thanks for visiting me... and for replying mine... :)