Dark Circle VS Orange Corrector

23:40




First of all.....

Gue harus memberikan peringatan. Karena foto pada postingan kali ini akan menunjukkan banyak sekali bare skin. And it's the time of the month, jadi my skin decide to have a tons of breakout and redness. Not that I'm ashamed or something.... Hanya kasih tau aja. Hehehehhe... Lets start...

Dark circle atau lingkaran hitam dibawah mata... 


Beberapa mendapatkannya karena memang keturunan, ada yang karena kurang tidur, ada yang karena kurang minum, banyak deh pokoknya. Kali ini gue nggak akan ngomongin gimana cara ngilanginnya secara alami atau krim atau apalah. Karena beda orang biasanya beda kasus. Tapi gue akan share sedikit trik yang biasa gue lakukan sendiri ataupun ke client gue untuk menyamarkan dark circle ini dengan menggunakan bantuan makeup. Karena dark circle will ruin everything. Sama seperti alis. Dark circle bikin kita keliatan cape bahkan kayak orang sakit. Mau makeup flawless dan kelihatan segar? get rid that dark under eye.


CONCEALING

Concealing adalah menutupi dengan concealer. Apa itu concealer? concealer adalah foundation yang mengandung lebih banyak pigment. Permasalahannya, dark circle itu kelihatannya ya memang kayak kulit, tapi gelap aja gitu. Padahal sebenernya, warna dark circle itu ada unsur warna hijau / biru / ungu (tapi most of the time hijau dan biru) yang dihasilkan dari warna pembuluh darah kita. Itulah kenapa, sering terjadi udah dipakein concealer biasa, dark circle nya kok nggak hilang, malah jadi kayak abu-abu atau biru/hijau gelap nggak jelas gitu. Nah disinilah kita akan bicara soal Color Wheel. (kalo udah tau soal Colorwheel dan males baca, langsung scroll aja kebawah ya...)


Ini namanya Color Wheel. Gue akan coba menjelaskan ini semudah mungkin. Merah, biru dan kuning adalah warna primer. Oranye, ungu, dan hijau adalah warna campuran dari 2 warna primer, atau warna sekunder. Nah, dari color wheel ini, hubungannya dengan makeup ya, adalah warna yang saling menetralkan. Jadi lihat apa warna dark circle kamu, kalau kehijauan, netralkan dengan merah. Kalau kebiruan, netralkan dengan oranye, kalau keunguan, netralkan dengan kuning. Disitulah gunanya concealer warna warni itu. Kalo pernah lihat concealer atau base yang warna-warni, nah itu digunakan untuk menutupi ketidak sempurnaan based on warnanya, sesuai dengan color wheel itu. 

Based on my experience sebagai makeup artist, dark circle kehijauan itu biasanya mereka yang kulitnya medium to dark seperti kebanyakan orang Indonesia, India, Melayu lah pokoknya. Tapi red corrector nggak ada, dan akan terlalu menyala kalo dipake. So far, segelap apapun dark circlenya, bisa diselesaikan dengan corrector oranye, hanya pilih yang lebih deep. Dark circle yang kebiruan dan keunguan itu biasanya kelihatan di mereka yang kulitnya lebih light. Bisa diselesaikan dengan corrector berwarna salmon, atau sekarang sudah banyak, conceler dengan base kuning. 

Kalo penjelasan diatas nggak bisa bikin paham, yaudah gini aja, liat dark circle kamu separah apa. Pake aja orange corrector yang shadenya (gelap-terangnya) sama dengan gelap terangnya warna dark circle kamu. Pake sebelum pake apapun, setelah primer.  

And this is how I do it....
Here's my face one more time...


Dark circle nya lumayan gelap
Ada sedikit kantung di mata kanan 
Dan banyak kerutan. kebetulan ini kerutan dari kecil karena I have a rounded eyes

STEP 1


Pakai eye cream. Gunanya sama dengan pelembab, tapi untuk daerah bagian mata. Supaya produk makeup yang kita pakai, mudah di aplikasikan.
Karena mata gue berkerut, hampir ga ada concealer yang nggak creasing. Jadi gue selalu pakai eyeshadow primer untuk extra ketahanan.


STEP 2


Pakai orange corrector. Tipis aja. Bener-bener hanya keliatan seperti yang diatas ini.
Yang gue pake adalah dari LA Girl Cosmetic.
the best Orange Corrector yang pernah gue coba, which is almost everything. Sedikit aja pakenya, banyak efeknya. Tahan dipakai berjam-jam. Nggak akan nongol orange nya setelah dipakai berjam-jam. Nggak creasing. Harga juga terjangkau. 
Usahakan untuk pakai yang cair, karena lebih ringan teksturnya.


STEP 3


Karena gue juga punya puffines, maka gue melakukan ini.
Tepat di bayangan puffiness mata gue itu, gue pake concealer cream yang paling muda yang gue punya, buat garis mengikuti bayangannya.
I have this idea dari pengetahuan gue menggambar. Bukan gue tentu aja yang nyiptain tehnik ini. Pasti banyak yg sudah melakukan tutorial ini, cek di youtube. 

NOTE
Makeup paling ampuh untuk warna, bukan tekstur, kecuali mengisi yang kosong. Mis : pori-pori, bekas jerawat yang bopeng. Tapi puffiness hanya bisa disamarkan. Susah untuk benar-benar hilang. Apalagi kalau dilihat langsung. kalo dari foto biasanya sih ketolong.


STEP 4


Pakai foundation...
Kalau fotonya diambil pas gue agak nunduk, masih kelihatan. Karena posisi ini adalah posisi yang membuat kantung mata terlihat jelas.
 Nah, sekarang ganti posisinya. Tegak lurus.


Lihat bedanya kan? it's barely there anymore. 


STEP 5


Pakai concealer yang tugasnya sebagai brightener. 
Disini gue pake Loreal liquid concealer.
Makin keliatan terang kan. Mata sebelahnya nggak pake apa-apa.


STEP 6


Pakai bedak supaya nggak meleleh semua yang kita pakai.
Gue pake bedak yang 3x lebih terang dr shade gue. 
Fokus kebawah mata aja ya. Karena nggak pake apa-apa di tempat lainnya. 
Bandingkan sama mata sebelahnya dan juga foto sebelumnya.

Sooooo....
sekali lagi,
dari sini


ke sini...
tampak bawah


tampak samping


dan tampak depan...
dan close up...



Dan teori orange corrector ini gue uji coba juga, kebetulan pas ada client, 2 orang, dengan dark circle yang sama parah, tapi yang 1 kulitnya light fair, yang 1 kulitnya medium light. Dan it worked really well on both. Dengan menggunakan corrector yang sama seperti yang gue pakai.
Dan foto ini semua diambil no filter ya. 

Kulit light fair...


 kulit medium light....


 See what I mean????

Jadi kalo punya dark circle yang parah banget, cobain deh pake orange corrector. 
It works for me. Maybe it'll work for you too....

Selamat mencoba....
Goodluck....



Oh Iya, mumpung lagi ngomongin mata. Ini ada 1 tambahan. Kalo lo perhatikan mata gue, warnanya nggak putih banget kan? ada noda cokelatnya gitu?


Nah noda itu adalah luka karena keseringan pake softlens. Gue pake softlens dari SMP. Tiap hari kayaknya. Gue dulunya minus 7, lalu dilasik dan dioperasi beberapa kali karena ada kelainan otot mata or something gitu lah. Tapi, sebersih apapun lo dengan soflens lo itu, give your eyes a break. Jangan salah kaprah soal kandungan air. SOFTLENS TIDAK BISA MENGHASILKAN AIR. Kandungan air maksudnya adalah kekuatan softlens itu menyerap air. Jadi kalo mata lo susah berair, atau jarang, pilih softlens yang kandungan airnya rendah, supaya softlensnya nggak terus2an menyerap air dari mata lo. Kalo mata lo sering berair, pilih softlens yang kandungan airnya tinggi. Tapi mata sering berair disini bukan karena salah pilih pacar ya. Kalo itu mah solusinya bukan ganti softlens. Tapi ganti pacar.

You Might Also Like

10 comments

  1. Artikel nya kece. :D
    Tapi mau nanya, Itu kalo mata coklat emang udah nggak bisa dihilangin ya? Jadi takut. Aku pake softlens juga sih. Meskipun nggak tiap hari. Tapi mata nggak pernah bisa bening. coklat jadinya. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku permanen. Karena bekas luka. Dan lukanya cukup parah waktu itu dear....

      Delete
  2. Gw jg pengguna setia soflen. Gw pake sejak 2009 wkt kerja jd cust service krn tuntutan pekerjaan. Tadinya mata gw bening cm ya sejak pakai soflen, jd ada seperti urat2 merah yang kluar, persis ky mata lo gt. Syukurnya gw imbangi jg sih dgn istirahat tanpa soflen tiap wiken. 5Hari kerja gw pake, 2hari wiken samsek ga pakai kcuali bnr2 ada acara. Makin ke sini gw bnr strict pakai soflens ckp maks 12 jam aja, dan sll bawa cadangan kacamata sbg media gw krn gw minusnya uda besar bgt. Cm skrg, krn gw jd IRT yaa, justru banyakan pake kacamata di rmh. Kalau boleh tau, lo skrg minus berapa? I feel like I find a soul sister when knowing there's someone with similar myopia problem as me. Btw, thanks for that awareness about wearing softlense. Smg buat pembaca blog ini yang matanya masih sehat, bisa semakin menjaga kesehatan matanya dari soflen.

    Mampir2 yaaa...

    www.fiarevenian.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai hai.... sekarang jadi minus 1 aja. Dan lukanya permanen. Hiksss... Terimakasih sudah main ke bsini. Will visit you soon....

      Delete
  3. Wah kak thanks ya infonya.
    Kalau mata aku emang ada kaya urat merah gitu sebelum pakai softlens juga, cuma saat ini udah mulai pakai softlens lagi dan iya jadi ada yang coklatnya gitu >___<
    Kira2 bisa hilang ga ya kak? T-T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba di cek ke dokter deh. Kalau aku rada susah hilang. Kata dokter waktu itu cukup parah lukanya.

      Delete
  4. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : asianbet77@yahoo.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    ReplyDelete
  5. Hai Mbak Ninneta.
    Salam kenal. Terima kasih atas artikel yang menarik ini. Kebetulan saya punya masalah dark circle yang cukup parah. Setelah membaca artikel ini, saya tertarik untuk mencoba orange concealer LA Girl seperti yang Mbak Ninneta sarankan. Di mana saya bisa membeli produk tersebut ? Adakah outlet merk tersebut di pusat perbelanjaan di Jakarta ?
    Terima kasih sebelumnya atas tanggapan Mbak Ninneta.

    ReplyDelete
  6. Anda mencari jasa rental mobil di jogja terbaik yang paling direkomendasikan?? Kami harap rentalanjogja.com menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Kuruma Sewa Mobil Jogja menyediakan jasa sewa mobil di jogja harian dan mingguan dengan armada terbaru dan terawat.
    rental bus dijogja menyediakan berbagai tipe bus pariwisata jogja antar kota maupun dalam kota. Bus-bus yang kami sediakan selalu dalam kondisi prima dan baik. Dari segi fisik luar maupun kondisi mesin, bus kami telah melalui standar cek sebelum digunakan. 

    ReplyDelete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)