LOOK : AUTHENTIC PIN UP LOOK (History Recap)

12:07


Haiiiiii.....
It's time for another History Recap.... Today, I'm gonna use the time machine, and fly back to 1950. Are you ready? Gentle reminder, postingan ini akan panjang, jadi kalau bosan, silahkan langsung scroll down ke bawah dan ke tutorialnya.

 

PIN UP GIRL
Pin up girl sebenarnya sudah ada sejak tahun 1890-an. Dan bukan sebagai sex symbol, tapi sebagai pernyataan dan pemberontakan para wanita atas nama Freedom. Dan awalnya berasal dari Perancis, dengan artisnya Jules Cheret. Masa ini lah yang diangkat menjadi film Moulin Rouge.

American Pinup
Betty Grable & Rita Hayworth adalah Pin Up girl mula-mula. Kehadiran mereka dimaksudkan untuk mengalihkan perhatian para prajurit dan calon prajurit pada perang dunia ke II, dari resiko kematian dan stress perang. Mereka bahkan datang mengunjungi kamp prajurit di lokasi perang untuk menghibur.
Meledaknya Pin Up girl terjadi saat Esquire Magazine mempublikasikan Varga's Girls karya Alberto Varga dan karya-karya George Petty, baik itu sebagai coverdepan, kalender maupun match book. Lebih meledak lagi saat Dior membuat ad campaign dengan menggunakan konsep Pin Up Girl. Maka Pin Up style pun meledak dimana-mana diseluruh bagian Amerika. Era ini dimulai sejak akhir tahun 1940 kemudian berakhir di tahun 1960.

ROCKABILLY ERA
1950an adalah waktu menjelang dan berakhirnya perang dunia ke II. Jadi masyarakat Amerika mulai rajin lagi berkumpul dan berpesta. Keadaan musik juga berkembang pesat. Salah satunya adalah masa Rockabilly ini. Rockabilly sebenarnya adalah sebuah aliran musik asli Amerika. Musik ini lahir sebagai perpaduan dari musik kulit putih dan kulit hitam. Banyak yang tidak bisa membedakannya dengan Rock'n'roll, tapi sebenarnya berbeda. Suara musiknya lebih raw, dengan slap bass yang cepat. It is hard to describe, tapi when you listen to this music, it makes you feel good. Listen to Elvis Presley dan Bill Black, mereka adalah salah satu artis yang menghasilkan banyak musik Rockabilly.

Rockabilly akhirnya berkembang bukan hanya sekedar musik, tapi juga menjadi sebuah lifestyle. Merebak sampai dunia Fashion dan juga perfilm an. Pada zaman itu, rasisme antara kulit putih dan kulit hitam masih sangat tinggi. Sementara Rockabilly memiliki unsur Rhytm & Blues ala orang kulit hitam. Karena itu orang tua membenci trend itu. Sejak saat itu juga, Rockabilly merupakan simbol pemberontakan anak muda saat itu, sesuai dengan ciri musik Rockabilly yang memberikan kesan "Let it all out" kinda music. You know, young people just being themself, and just wanna have fun after the war and stuff.

FASHION
Selain dari pakaian sexy dan ketat ala Pin Up Girl, 1950's is about bold colour, bold pattern and print. Big Full Skirt juga salah satu yang menjadi bagian dari Rockabilly Lifestyle. Karena akan terlihat bagus dan megah saat dipakai berdansa. It's really bold, bahkan para pria di era ini juga memakai warna-warna bold seperti hot pink dan bright yellow. Sepatu dansa dipakai sehari-hari, karena you never know right, just in case the dance call happen. Sepatu-sepatu seperti Oxford dan Brogue juga menjamur. Serta jaket kulit. It was huge back then. 1950 adalah era nya berekspresi. Nggak hanya baju, tapi juga dari hairstyle. Big curl for Woman and, hell yeah, man. Untuk aksesoris yang dipakai tidak terlalu banyak. Biasanya mereka hanya memakai bunga atau bandana pada rambut.

MAKEUP
Ini adalah masa dimana perang dunia II selesai dan para prajurit perang pulang. Pada masa itu, merupakan kebanggan untuk bisa menikahi seorang veteran. Karena itu semua wanita memakai full makeup saat keluar rumah, walaupun hanya untuk groceries shopping. Mereka berlomba-lomba untuk memikat hati para veteran. 
1950's makeup is so classic, ellegant dan timeless. Yang menjadi hits adalah foundation cream dan cair, serta loose powder dengan warna yang sama dengan kulit. Mask Effect Makeup is in.
Eyeshadow pallet was also huge. Revlon mengeluarkan pallet dengan berbagai macam warna baik matte maupun shimmery, dengan berbagai macam shade. Shade yang paling hits adalah pink dan pastel. Walaupun banyak juga ditemukan warna cokelat, hijau, biru dan grey. Walau begitu, pemakaian eyeshadow sangat simple dan minimal. Biasanya hanya memakai tehnik monocolor saja. 
Eyeliner is a must. Pemakaian eyeliner itu sangat wajib. Garis yang menjadi trend adalah dari tipis ke tebal, dengan sedikit flick diujung mata. Yang ingin dicapai pada pemakaian eyeshadow dan eyeliner saat itu adalah memberikan ilusi atau mempertegas "almond eyes".
Mascara juga tidak lepas dari tahun 1950. Yang dipakai adalah mascara kaleng seperti tahun 20'an dan juga tube mascara, walaupun belum dengan wand seperti yang kita pakai sekarang. 
Eye makeup hanya dipakai pada mata bagian atas. Sedangkan mata bagian bawah dibiarkan saja tanpa tersentuh apapun.

Alis gelap dan tidak jarang hitam. Mereka sering memakai pinsil hitam untuk membentuk alis. Bentuk alis memfokuskan pada arch tertinggi dari bentuk alis alami.
Pemakaian blush on sangat tipis, dengan warna yang alami dan sheer. Dipakai pada tulang tertinggi pipi, dan juga dipakai untuk warming up the face. Jadi dipakai seperti mengcontour wajah. 
Untuk lipstick, shade merah merupakan shade utama. Mulai dari deep red, true red sampai orangy red. Tapi untuk kalangan muda, warna pink lebih digemari. Terutama karena pengaruh Audrey Hepburn. She even said in one of her campaign "I believe in Pink!". 

TUTORIAL
To the main course. I will show you how the authentic Pin Up girl makeup is. Ini adalah hasil dari berminggu-minggu research baca, browsing bahkan sampai nonton filmnya. But hey, I'm not saying that your Pin Up Makeup is wrong ya girls... Please dont. I don't do judging. Developing is always good. Tapi since I'm that one girl that have a strange addiction to history, makanya I try to show you how it's all done, historically acurate. :)

STEP 1
Mask Effect. Yeah, lets do that. 
Untuk base makeup, aku masih pakai the usual routine. NYX Shine Killer sebagai primer, foundation, concealer. Lalu di setting dengan loose powder warna lebih terang untuk dibawah mata. Sisanya dengan loose powder dengan warna yang sama dengan kulit. Sentuhan terakhir dengan HD Finish Powder untuk efek matte. Owh yeah, I need that much help.

STEP 2
Alis sudah tidak setipis era 20an. Benar-benar mengikuti bentuk asli alis. Jadi yang full pun ada, seperti Audrey Hepburn.  But yeah, it's dark and high. Karena itu aku pakai bantuan eyeliner untuk memberi kesan lebih hitam. Don't forget to brush.

STEP 3
Karena aku mau se-authentic mungkin, aku pilih eyeshadow warna pink dengan shimmer. Ini adalah Believe in Pink dari MAC. Sounds proper isn't it.. 
Pakai eyeshadownya hanya di lid utama, dan dipakai sampai ke outer V. Lalu di blend dengan warna cokelat muda. Yang ingin dicapai adalah subtle color tanpa harsh line dan lembut.
Winged eyeliner dan full lashes. 
Untuk bawah mata, tidak pakai apa-apa. So elegant and beautiful.

STEP 4
Untuk blush on, aku pakai Coral blush dari Maybelline. Dipakai di tulang pipi bagian atas, pinggir mata dan juga bagian forehead dan ujung hidung. Tipis dan barely there. 
Contour hidung, tipis-tipis dengan warna cokelat yang ditengah. Make it soft dan subtle.

STEP 5
1950 adalah era dimulainya over-drawn lips. Terutama dibagian atas. Para wanita akan menggaris bibir lebih besar dari bentuk bibir aslinya, dan membuat defined cupid's bow. 
I do it with Beautystyle lipliner no 8.
Kemudian pakai lipstick merah dari Makeover no.7. 

HAIR
To get that lovely curl of 50's, aku pakai babyliss yang kecil. Aplikasikan pada rambut, ambil bagian tipis-tipis supaya keritingnya banyak dan tight. Setelah di curl, dijepit dan diamkan. Lakukan sebelum makeup, supaya didiamkan selama kita pakai makeup. Setelah makeup selesai, lepas jepitannya satu-satu, lalu sisir dengan menggunakan sisir besar.

DONE!!!!!
I love love love it....
Maafkan pose-pose nggak jelas ini. Hahahahhaa. I'm not really good at posing. Tapi bibir maju-maju gitu adalah ciri khasnya para pin up girl..



Setelah baca ini, think about it,
I bet you've been doing this style more than you have realize right? Hihihihihhi
Talk to you later babes...


You Might Also Like

22 comments

  1. Suka banget<3 rambutnya lucu makeupnya keren:)

    ReplyDelete
  2. old fashioned makeup but still beautiful! fit on you <3 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. I know... Old face, old soul ya akuuu... hihihihi

      Delete
  3. Waahh sexyy,...cantik ^_^
    mba Nineta cantik bingit...liat2 blognya huaaa pinter dandan :)

    ReplyDelete
  4. aku syukaaa gaya 50 giniii...cantiiik...

    ReplyDelete
  5. Selalu suka sama make up Ninneta :3. Kereeeennn dan lumayan mudah buat diikuti step-stepnya ;)

    (Aku perasaan udah follow ternyata kok enggak ada ya T.T. Aku follow ulang yah)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasihhhh ibu racunnnn......

      Iya gara-gara disatuin 2 blog, jadi banyak ngilang euyyyy

      Delete
  6. Whoaaa lama gak ke sini ternyata banyak tutorial make upnya hihihi keren, kapan aku bisa pintar dandan ya hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihih iyaaa... ayo belajar dandannnnn....

      Delete
  7. Setelah di tacap langsung berubah cantik banget, dan gw demen ce pake lipstik merah merona hehehe

    ReplyDelete
  8. Alloooo Jeung!!
    Dikau cucok kali make up ginian...apa kabarnya muka gw kl make up ala taon 50'an yo!?

    ReplyDelete
  9. wow cantik banget kak! i love it. it really suits you!
    btw paje concealer apa kak? aku dark circlenya lumayan parah sih soalnya. saran yg affordable dong kak masih pelajar soalnya ehehe thanks💜

    ReplyDelete
  10. Anda mencari jasa rental mobil di jogja terbaik yang paling direkomendasikan?? Kami harap rentalanjogja.com menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Kuruma Sewa Mobil Jogja menyediakan jasa sewa mobil di jogja harian dan mingguan dengan armada terbaru dan terawat.
    rental bus dijogja menyediakan berbagai tipe bus pariwisata jogja antar kota maupun dalam kota. Bus-bus yang kami sediakan selalu dalam kondisi prima dan baik. Dari segi fisik luar maupun kondisi mesin, bus kami telah melalui standar cek sebelum digunakan. 

    ReplyDelete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)