Makeup Starter Kit (For Beginner)

06:00


Haiiii.....

Jadi, ini adalah hal yang paling banyak ditanyakan sama beberapa anak remaja yang baru mulai belajar dandan ke gue. Banyak yang sudah kepengen mulai pakai makeup, tapi bingung harus dimulai dari mana, apa yang harus dibeli dan gimana cara pakainya. When I started the Miss Plumblush blog, i have a vision, bahwa semua perempuan di Indonesia harus bisa makeup. Kenapa? karena eventually, bakalan ada event dimana kita perempuan harus dandan. Wisuda, kawinan kaka/adik atau apapun itu. Kebayang kalo nggak bisa dandan sendiri untuk event-event yang simple. Bahkan di beberapa kantor sekarang mengharuskan pegawai wanita nya berdandan. Kamu boleh ngaku tomboy, boleh ngaku suka olah raga extreme, boleh gimana aja, but when you're born as a woman, you are a woman. Lagian makeup itu kan salah satu previllage kita sebagai perempuan. Dan memakai makeup juga memberikan perlindungan extra pada kulit kita, dengan catatan penting, skin care tetaplah yang utama dan terutama.

Nggak usah takut kalau kamu rasanya clueless dan memang adalah salah satu dari perempuan yang lahir dari keluarga yang mayoritas lelaki dan ibu yang kurang paham makeup, itulah gunanya beauty blogger, memberikan informasi what you should do, what you should buy, (makanya gue masih bingung kenapa masih ada review tentang produk yang nggak bisa didapat di Indonesia, padahal tulisannya dalam bahasa Indonesia. why why why.... #nooffense). So basically, we're here to help... Well, at least, I'm here to help.... Let's start.

SKIN CARE


Sekali lagi skin care adalah yang utama dan terutama. Makeup itu tujuannya hanya creating illusion dimana semua kekurangan di minimalisir dan kelebihan ditonjolkan. Sama seperti melukis, wajah dan kulit kita adalah kanvasnya, dan skin care yang menciptakan kanvas yang bagus itu. Semakin bagus dan terawat kondisi kita, semakin sedikit makeup yang harus dipakai. Saat kita mulai memakai makeup, kita sudah harus memikirkan skin care yang lebih komplit, misalnya peeling, scrubbing, masking dan sebagainya. I'll make a post about this soon okay...

1. BB CREAM / TINTED MOISTURIZER
BB Cream adalah krim wajah ajaib yang sebenernya di ciptakan dan dikembangkan di Jerman tahung 60an yang pada tahun 1985 mulai menyebar di Korea. Diciptakan dengan tujuan mempersingkat proses skin care dan bermakeup, karena didalamnya sudah mengandung moisturizer, serum, spf, bedak dan juga foundation. Cara memakainya mudah. Bisa dilakukan dengan tangan seperti memakai krim wajah. Jadi ini sangat cocok untuk pemula. Pilih shade yang sesuai dengan warna kulit. Cari yang paling sama dengan warna kulit. Sudah banyak kok BB cream dengan shade yang bervariasi, dengan harga yang terjangkau. Rasanya hampir semua merk kosmetik mengeluarkan produk ini. 
Warning :
Walau ini bukan foundation, tapi tetap mengandung warna. Jadi masih bisa mengalami proses oksidasi yang kemudian bisa bikin wajah jadi belang belonteng... So yeah.. ETUDE IS NOT FOR EVERYONE.... embrace it.....
2. BEDAK

I know.. kalau kita iklan, BB Cream aja udah cukup. But lets face it girl. We're not in Germany or Korea. Kita tinggal di Indonesia yang sekarang cuacanya suka galau, kadang panas kadang dingin, kadang ujan, kadang lembab ga jelas. We need our makeup to be bulletproof. Bedak perlu untuk mengunci BB Cream yang sudah kita pakai. Apaalgi kalau kulit kita berminyak. Bedak membantu supaya itu BB Cream nggak meleleh. Logika nya adalah semua yang liquid harus dikasih sama bubuk biar nggak kesana kemari dan stay put. Kamu bisa pilih bedak loose yang seperti bubuk atau compact (padat). Semua bedak biasanya sudah aplikator nya, tapi kalau ada uang lebih, sebaiknya beli kuas bedak. Karena kuas bedak mengangkat produk dengan lebih terkontrol dan lebih mudah untuk pemula, karena hasilnya lebih rapih. Bodyshop punya kuas bedak yang sangat bagus, harganya 100rban, tapi udah dipake 4-5 tahunan, masih aman. Lagi-lagi, pilih bedak yang sama dengan warna kulit, supaya nggak belang belonteng beberapa jam setelahnya.
Warning
Mineral makeup mengandung natural/mineral oil yang bisa memancing produksi minyak bertambah. Compact powder adalah bedak bubuk yang dipadatkan dan tidak mengandung foundation. Two way cake adalah bedak compact yang mengandung foundation dan bisa dibasahin kemudian jadi lebih baik coveragenya kemudian bertindak sebagai foundation.

3. PINSIL ALIS

Alis sangat penting. Kenapa? karena alis yang membingkai wajah kita. Coba kita foto dengan makeup yang dirubah-rubah bentuk dan warnanya, tapi dengan alis yang tetap sama. Wajah kita tidak akan berubah. Tapi coba foto dengan makeup yang sama, tapi alis yang dirubah-rubah. You'll see. Huge difference. Dari semua produk alis, pinsil alis adalah yang termudah untuk dipakai. Karena sama seperti menggambar. Butuh banyak latihan dan kebiasaan untuk bisa mencapai alis idaman yang sesuai dengan bentuk wajah. Jangan menyerah. Semakin sering pakai, pasti semakin lihai. Hindari pemakaian warna hitam, bentuk alis yang terlalu tipis dan menukik. Karena itu akan membuat kita terlalu galak.
Warning
I know a lot of you say that pinsil alis Viva is the best. So sorry I have to be the one who say this girls... IT IS NOT FOR EVERYBODY.... Warna cokelat pada Viva itu ada kemerahannya. Pada beberapa kulit yang undertone nya kuning, merahnya akan kelihatan jelas sekali. Ditambah rambut yang hitam dan mata gelap, believe me... It is not a good sight.... 

4. PENJEPIT BULU MATA DAN MASKARA

Maskara dipakai pada bulu mata kita, memberikan ilusi lebih panjang dan tebal tergantung kebutuhan kita. Penjepit bulu mata dipakai sebelum memakai maskara. Supaya bulu mata terlihat lebih lentik, kemudian dikunci pakai maskara. Maybelline adalah my all time favorite mascara. Pilih maskara sesuai kebutuhan dan jenis bulu mata. Kalau bulu mata pendek dan jarang, pilih sikat maskara yang kecil/ramping/clump free. Maskara ada yang tahan air dan ada yang tidak. Bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tapi sekali lagi, kita tinggal di Indonesia, I can not imagine any occasion dimana maskara yg tidak waterproof bisa dipakai. 
Warning
Saat menjepit bulu mata, luruskan pandangan kedepan, kaca pegang lebih baik supaya bisa mengikuti gerakan mata. Mulai dari bulu mata yang paling dalam, tekan secukupnya kurang lebih 3 -5 detik, lepas, maju sedikit, ulangi, lepas maju lagi, ulangi sampai bulu mata habis. Ini akan memberikan lentik yang lebih alami dan nggak patah. Becarefull with this one.

5. BLUSH ON

Dipakai di pipi. Yang paling umum adalah dengan shade pink dan orange. Kalau nggak yakin, go for coral atau peach yang tidak terlalu muda atau terlalu tua untuk warna kulit kita. Bisa dipakai dengan kuas atau dengan tangan saja. Teksturnya ada yang padat, cair maupun cream. 
Warning
Jangan senyum terlalu lebar saat pakai blush on. Do the duck face.

6. Tinted Lipbalm


I remember the first time I was introduced to makeup. Lipstick was a scary thing for me. Hihihhi. Mungkin beberapa dari kamu juga akan mengalami itu. Tapi jangan takut, sekarang sudah ada tinted lipbalm. Yaitu lipbalm yang kalo dipake ada warnanya. Revlon Color Burst atau Just bitten kissable ini sangat recommended. Merawat bibir dan juga ada warnanya. Harganya sekitar 100rb. Kalau mau yang lebih murah ada Maybelline dan juga Nivea. Yang kurang lebih sama kualitasnya.
Warning
Kalau bingung mau pilih warna apa, go with the peach one. You cant go wrong with them. Dan kalau malam, tetap gunakan lipbalm / lip butter tanpa warna untuk merawat bibir ya.


Itu aalah makeup paling dasar yang bisa dipilih buat yang baru belajar pakai makeup.
If you wanna step up the game, kamu bisa tambahkan ini di dalam makeup case kamu...

CONCEALER

Concealer banyak macamnya. Tapi yang paling mudah untuk beginner adalah concealer pen seperti ini. Teksturnya liquid. Dipakai di daerah bawah mata untuk mencerahkan dan mengurangi penampakan dark circle. Pilih yang warnanya sama dengan kulit atau 1 shade aja lebih muda. Kalau terlalu muda malah membuat dark circle makin kelihatan. Ada cara lain untuk membuat dark circle hilang. But master this first, you'll get there. I promise...

EYESHADOW

Untuk perdana, beli eyeshadow dengan warna yang natural. Warna2 kulit seperti pallete NYX ini. Kamu bisa start dengan pakai 1 warna di seluruh kelopak. Lalu blend sampai ke dekat tulang mata. Semakin tinggi semakin dramatis efeknya. Yang pasti, dibawah alis paling ujung luar harus warna yang terang ya.

EYELINER


I know, it might scares you... Mulai dari berantakan, wing nggak sama, besar sebelah, ketebelan, mata jadi keliatan nggak simetris dsb... Well trust me, semua makeup artist dan beauty guru ternama pernah ada di level itu. It is not easy, tapi begitu sudah biasa, you will see, kenapa eyeliner itu termasuk salah satu produk yang ngga bisa dilewatkan selain alis. Untuk pemula yang mau belajar liquid eyeliner, Revlon Colorstay ini punya aplikator yang keras, jadi lebih mudah dipakai. Begitu juga dengan Gel liner Maybeline. Kualitasnya bagus, dan aplikatornya bagus, harganya juga nggak terlalu mahal

That's it... semoga membantu ya postingan ini. Terutama buat yang baru mau belajar makeup, atau buat yang mau kasih hadiah ke anak/ponakan/adik yang beranjak remaja.
Jangan menyerah. Keep practicing. Nggak ada yang salah dan nggak ada yang benar dalam ber-makeup. Itu semua proses sering eksperimen, trial and error, kemudian akan menemukan cara yang paling nyaman buat kita. Remember, all expert was once a beginner....

Stay gorgeous!!!







Nah, pasti banyak dari temen-temen yang gue kunjungin blognya udah nggak perlu baca postingan ini karena pasti udah jago. Karena itu, ini gue kasih video clip nya Maroon 5 yang keren banget. It blows my mind and give me goose bump when I see this. I'm so happy when I see people spreading happiness... 
Thanks for visiting my blog. Have a great week!!!

You Might Also Like

24 comments

  1. ahhh jadi inget dulu awal awal belajar make up, buat aku dulu yg terpenting foundation, bedak en mascara hehehhe. Thank you yaa udah visit my blog.
    Salam kenal juga <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi... terimakasih sudah membalas kunjungankuuuuu

      Delete
    2. peralatan kamar mandi

      buat cowok berlaku gak nih kaka??? hehehehehe

      *blogwalking :) salam kenal yah :)

      Delete
  2. pensil alis sih yang paling utama.
    pantang pergi sebelum alis jadi :p ..
    hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantang keluar sebelum alis kelar yaaaa... hahahaha

      Delete
  3. Terlanjur punya pinsil ais viva (yup, merah banget!!!) & wardah yang item (terlalu medok juga di alis)
    Akhirnya kalo pake dicampur 2 itu :)))) (soalnya terlalu pelit buat beli baru)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.... nyampurin itu ide bagusss tiiii... Hihihihihi

      Delete
  4. wah, tentang make up ya, asyik juga meski sy cowok hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe... terimakasihhh sudah berkunjung

      Delete
  5. eehhh, saya tertarik tuh dengan BB cream,,, itu yang katanya cream yang dipakai sama artis korea ya???

    ReplyDelete
  6. waaaa, nice post beb, kalau aku baca ini di awal belajar makeup pasti ga bakal over budgeting hihihiii

    The Journey

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihi... iyaaaa... suppose to be easier ya...

      Delete
  7. Aku juga masih belajar makeup, hehe
    diantara barang diatas yang belum ada cuma concealer ama pensil alis
    kalo pensil alis bingung pakainya, soalnya alis aku tebel suka agak parno soalnya takut kaya shinchan hehe
    oia aku sudah follow blognya yah
    lets be friends ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi... ada caranya kokkkk....
      Ada di postingan minggu depan....
      Terimakasihhh sudah berkunjung balikkk

      Delete
  8. Nice,,,, ini sangat membantu sekali buat yang lagi belajar make up (^^)

    http://sakuralisha.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. Nice post kak, love it. Aku dlu awal2 belajar make up , mata sering kecolok sama eyeliner :3 atiitt huhuhu.
    btw aku udah follback ya kak, lets be friend ^^

    htpp://kawaii-diary98.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihihihi... aku sama penjepit bulu mata.... Terimakasihhhhh....

      Delete
  10. Dulu pertama kali punya make up, cuma lipbalm warna sama bedak. Hehehehe thx udah follow ya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiihhi.. terimakasih sudah mengunjungi balikkk..

      Delete
  11. Pengen punya concealer, ada saran ga ya?

    Kunjungi blog aku yaa pertiwinewblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. wah makasih banyak yaa sangat informatif dan mudah dimengerti (y)
    -18 thn, gatau apa apa ttg make up xD

    ReplyDelete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)