LOOK : Roaring 20's & Matching Color (History Recap)

16:56







Hi girls...

How are you gorgeous doin.... Sebelum mulai, Plum peringatkan bahwa postingan kali ini akan jadi postingan yang panjang. Karena Plum nggak cuma bikin tutorial aja, tapi juga bakalan cerita sedikit sejarah tentang The Roaring 20's. Sebuah era yang sangat-sangat penting bagi dunia perempuan. Selain makeup junkee, Plum juga history junkee. Hehehehe. Jadi kalau kamu bosen bacanya, silahkan langsung scroll down ke part tutorial... 

Lets Begin.....

THE ROARING 20's


The Roaring 20's adalah era sepanjang tahun 1920an, dimana terjadi sebuah perubahan besar di hampir semua aspek kehidupan masyarakat yang dimulai dari Amerika Serikat, Kanada dan Inggris. Ini adalah era dimana dunia teknologi menemukan banyak sekali penemuan-penemuan canggih yang masih kita pakai sampai sekarang. Misalnya saja mobil dan juga mesin cuci. Ini juga masa dimana dikeluarkannya 19th Amandement yang memperbolehkan perempuan untuk terjun ke dunia politik. Di sebagian besar kota besar di Amerika, perempuan sudah memiliki hak pilih dan hak untuk bekerja kantoran. Pekerjaan pertama kali yang biasa dilakukan perempuan kala itu adalah sebagai stenograf. Penemuan dalam dunia kedokteran juga terjadi untuk mendukung semua itu, yaitu alat-alat dan obat-obatan pengontrol kehamilan.

Dalam dunia musik, era ini adalah era masuknya musik jazz dan blues ke society yang lebih tinggi. Para kaum muda saat itu mulai memiliki sikap konsumerisme yang tinggi. Hal ini disebabkan juga oleh mulai majunya dunia perfileman dan periklanan. Artis-artis baru mulai muncul, film film baru diterbitkan di bioskop. Hampir setiap harinya selama seminggu, para kaum muda pergi ke bioskop untuk menonton film bisu, dan juga pergi berpesta dan berdansa di rumah para sosialita.

FASHION


Semua wanita didunia ini harus berterimakasih sama perempuan diatas ini. Gabrielle Bonheur Chanel. Yups. The one and only, Coco Chanel. Dia adalah perempuan, sebagai designer, yang pertama kali berani mendobrak dunia fashion yang kala itu masih terpaku dengan stigma bahwa perempuan yang cantik adalah yang seperti The Gibson Girl. Berpakaian harus menggunakan korset yang ketat, stocking, rambut dinaikkan keatas dengan gaun yang melebar ala Victorian. Coco Chanel membuat sebuah revolusi dalam cara berpakaian untuk wanita, dengan tidak menggunakan semua pernak pernik nan ribet itu. Sebagai penggantinya dia menciptakan dan mempopulerkan Little Black Dress. Dia juga designer pertama yang membuat celana untuk wanita. Semua design gebrakannya sangat santai, nyaman dan stylish. 

The Gibson Girl

Selain dari dunia fashion, Coco Chanel juga yang menciptakan trend kulit Tan. Sebelumnya, perempuan takut pada matahari. Coco Chanel yang memulai trend Sun Bathing dan spending time at the beach. Trend ini juga merebak bukan hanya pada artis-artis, tapi juga pada wanita-wanita biasa. 

FLAPPER


Kalau kamu mencari baik dari internet atapun dari buku-buku tentang The Roaring 20's, maka ini adalah yang akan keluar pertama kali. Flapper. Ini adalah sebutan untuk gadis-gadis muda dengan rambut berpotongan bob, pergi berpesta dan berdansa, memakai makeup, berpakaian seksi dan mini serta merokok dan minum alkohol. Flapper berusia sangat muda. Tidak ada yang tau pasti berapa umur para Flapper, tapi ditaksir kira-kira dimulai dari umur 19 tahun. 




Flapper sendiri merupakan sebuah istilah yang dipakai orang Inggris untuk menyebut pelaku prostitusi yang masih sangat muda. Para flapper disebut-sebut sebagai "perempuan baru" yang bebas dan mulai berani mengeksplor sisi seksual nya secara bebas juga. Walaupun digambarkan seperti itu, pada kenyataannya, penelitian menunjukan bahwa tidak semuanya melakukan Free Sex. Malah sebagian besar tidak.Walaupun mereka memakai baju dan berdandan ala Flapper, tapi kebanyakan dari mereka hanya suka berdansa dan bersantai bersenang-senang.

MAKEUP

Onto our favorite thing... 

Sebelum 1920, makeup hanya dipakai oleh para bintang film dan para pelaku prostitusi. Perempuan biasa dari semua kalangan tidak memakai makeup karena tidak mau diasosiasikan dengan para aktris dan pelaku prostitusi, which at that time is practically the same. Tapi begitu masuk tahun 1920, perempuan memakai makeup memang supaya dilihat. Itulah kenapa makeupnya sangat berani.



Makeup pada tahun 1920 an benar-benar berani. Para perempuan memakai bedak super putih karena somehow mereka menyukai kekontrasan yang terjadi antara kulit wajah super putih dengan riasan super gelap.. Ini juga masa dimana para perempuan mulai mencabut alis mereka menjadi super tipis atau habis sama sekali, kemudian menggambarnya ulang dengan sangat tipis dan turun. Smokey eyes that we absolutely can't live without nowadays, diciptakan pada era ini. As funny as it may sound, hasil akhir yang ingin dicapai adalah mata yang terlihat sedih dan turun serta wajah yang bundar. Riasan mata super smokey didominasi warna Abu-abu, hitam, cokelat dan hijau. 

Untuk mendapatkan wajah yang bundar, mereka memakai rouge, yang sekarang kita kenal dengan blush on, berwarna pink dan orange, hanya di apple of the cheek dengan gerakan memutar tanpa contouring. Contouring seperti yang kita lakukan belum dikenal sampai tahun 1940an, era nya Joan Crawford. Untuk lipstick, sudah dikenal sejak tahun 1915an. Yang menjadi ciri khas pemakaian lipstick era ini adalah "The Cupids Bow". Dimana lipstick pada bibir atas dibentuk seperti hati, dan bibir bawah melengkung, sehingga bibir terlihat seperti busur panah. Helena Rubenstein bahkan menciptakan satu alat yang bisa dipakai langsung untuk mndapatkan Cupids Bow yang sempurna. Warna-warna utama pada awal 1920an adalah Bloodshot Red, Plum Red dan Dark Red (Oxblood). Sedangkan warna Raspeberry dan merah dengan hue orange baru ada pada pertengahan era. Lipgloss dan Lipstick dengan Aroma Cherry juga diciptakan lalu menjadi hits pada era ini.


Kohl eyeliner and Mascara also a big hit. Woman can't live without them. Maskara pada zaman itu tersedia dalam kemasan kaleng, dengan sisir kecil yang dipakai untuk menyikat alis. Kemudian muncul all in one Kohl, untuk alis, eyeliner dan juga maskara. 

Siapa yang masih menyebut nail polish dengan Cutex?? I do.. :D. Well Cutex adalah sebuah nama perusahaan tahun 1911 dengan produk CUTicle EXtract. Mereka juga yang menemukan Nail Polish Remover. Sebenernya Cutex baru bangkrut itu tahun 1992, tapi pada tahun 1920an, pamor mereka tersaingi oleh Revson yang sekarang kita kenal dengan Revlon. 


Pada masa ini, ada 2 brand yang megang banget. Yaitu Maybelline dan Max Factor. Kalau kamu follower lama Plum, Plum sudah pernah cerita soal ini di twitter. Baik Maybelline maupun Max Factor, diciptakan sama laki-laki loh. Maybelline diambil dari Mabel, nama adik dari pendiri Maybelline, Tom Lyle Williams. Sedangkan Max Factor adalah alias dari Maksymillian Factorowicz, pendiri dan pencipta kosmetik itu. Max Factor adalah seorang Makeup Artist ternama dalam dunia perfiileman dan periklanan. Maybelline terkenal dalam pengembangan Maskara, sedangkan Max Factor cukup serius dalam mengembangkan bedak yang dulu dikenal dengan Pan Cake. Nggak heran dia juga merupakan perusahaan yang pertama kali merevolusi bedak menjadi liquid and cream foundation.


Sebenernya masih banyak hal menarik tentang The Roaring 20's. Tapi kalau Plum ceritain semua, bisa 3 halaman sendiri ini postingan. Hehehehe. Makanya Plum cuma fokusin di hal-hal yang ada hubungannya sama makeup aja. Ga papa yaaaa... Sekarang mari mulai tutorialnyaaaa.....


TUTORIAL

Authentic 1920's makeup sangat-sangatlah putih dan smokey. Dengan bibir yang dibentuk serta pipi yang bulat. Plum coba bikinin buat kamu. Walaupun The Cupids Bow nggak terlalu berhasil, karena I have a really big lower lips, yang ga terlalu seimbang sama atasnya, jadi I think this is the best I can do. Or not...



Sebelum diedit...


Round face... That shouldn't be a problem for me.. hehehe... Tapi bukan ini yang mau Plum bikin tutorialnya. Yang mau Plum bikin adalah tehnik pemakaian eyeshadow yang menjadi ciri khas 1920's yang banyak banget terlihat di runway makeup for Fashion Week 2014 kemarin ini. It's wearable dan tentu saja sangat natural. Tapi kalau kamu mau lebih sedikit dramatic, bisa aja pilih warna eyeshadow yang lebih gelap. 

Selain Plum mau nunjukin tehnik 20's ini, sekalian Plum juga mau bikin tutorial tentang salah 1 trend makeup 2014 ini, yaitu yang Matching Color. Untuk lihat postingan Plum tentang Trend 2014 silahkan lihat disini. 

Let's start...

STEP 1


As always, pakai pelembab andalan, tunggu sebentar lalu pakai primer agar makeup tahan lama. Lalu pakai foundation dengan matte finish atau natural glow finish. Setelah itu move that ring finger, and put on your concealer. Plum masih pakai cara yang sama dengan yang Plum gunakan di Barelythere makeup tutorialnya Plum. Lalu set semuanya dengan loose powder.

STEP 2


Pakai eyeprimer supaya eyeshadow tahan lama dan ga creasing. Lalu bentuk alis kamu. Plum membentuk alis dengan tebal lagi, sesuai dengan trend Bold Eyebrow 2014 ini. Tapi karena I'm doing the Matching Color trend, Plum pakai alis dengan Maybelline crayon eyebrow pencil dengan warna abu-abu. Just to give it a little contrast in the eye.

STEP 3



Pertama pakai eyeshadow cokelat di kelopak mata utama, blend sampai dengan bawah tulang mata, lalu ikuti terus sampai dengan bawah alis bagian dalam. Benar-benar dibawah alis bagian dalam, sampai tidak ada jarak lagi. Kalau kamu perhatikan akan terlihat seperti segitiga. Pada ujung mata bagian luar, blend mengikuti tulang saja, no cat eye effect. Karena tujuannya adalah mata yang terlihat bulat.

Kedua Plum pakai warna shimmery champagne, mulai dari ujung mata bagian dalam sampai ke 2/3 kelopak. Biarkan ujung mata bagian luar, jangan sampai kena. Kalau kamu mau tampilan yang lebih smokey, warna shimmery champagne ini bisa kamu ganti dengan warna yang lebih gelap. Misalnya ungu tua, hijau tua, wine atau abu-abu. 

Ketiga Plum pakai eyeshadow cokelat keabu-abuan dengan shimmer, lalu dipakai tepat dibawah tulang mata (eye socket). Mulai dari ujung mata bagian luar, mengikuti bentuk eye socket kamu. Lakukan berkali-kali sampai bentuk setengah bulan terlihat jelas.By now, you should have those great color on your eyes. If you're going for more dramatic eye, eyeshadow yang ini bisa diganti dengan warna hitam.

STEP 4



Plum pakai warna cokelat dibawah bulu mata bagian bawah, dimulai dari ujung mata bagian luar sampai ke tengah. Lalu pakai warna shimmery champagne tadi pada sisanya.

Lalu supaya sesuai dengan makeup asli tahun 20an, Plum pakai kohl pencil warna hitam untuk menggaris seluruh mata bagian atas, dan juga 1/2 mata bagian bawah. Tentu saja kalau kamu mau lebih bold, boleh aja pakai liquid or gel liner. Ingat, no cat eye effect. Jangan lupa smudge sedikit supaya nggak ada harsh line.

Jepit bulu mata lalu pakai mascara. Kalau kamu mau boleh pakai bulu mata palsu. Ini Plum pakai bulu mata palsu supaya bulu mata terlihat lebih panjang dan dramatis.

STEP 5


Since we're not doing the authentic makeup, contour is a must. Plum contour pipi dan hidung Plum dengan menggunakan matte bronzer. Lalu memakau sedikit blush on peach pada bulatan pipi, untuk mengembalikan warna pada wajah Plum.

Plum memakai lipstick dengan warna orange-cokelat gelap keemasan agar sesuai juga dengan tema Matching Color Trend 2014 ini. 

FINISHHHHHH......
Phewww... finally.....



The eyes and cheek....


Well that's it girl...
I hope you find this posting amusing and helpful.

I'll see you girls around...
*kisskiss*

You Might Also Like

24 comments

  1. Ahaaaaa.....itu kan eranya the great gatsby...
    Dansa dan lagu2 charlston populer di tahun itu juga...
    Dress plisket,penutup kepala dan kalung mutiara panjang...
    Make up nya megang banget,jeung.....juara deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. Iya. The Great Gatsby adalah bukunya Scott Fitzgerald. Tepatnya dia tahun 1925. Februari kalau nggak salah publishnya. Tapi jangan pikir makeup tahun itu seindah film The Great Gatsby nya Leonardo Di Caprio yah. Hahahahaha... Sungguh ga indah... :D

      Delete
  2. nice tutorial! btw aku sebenernya suka banget ama gaya twenties, tapi suka gak nahan liat alis yg tipis2 gitu... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. iyah... makanya disesuaikeun ajah. hihihihi

      Delete
  3. suka banget sama foto finalnya yg hitam putih, klasiiikkk bet dahh, kamunya juga seksi sekaleehh
    nice ^.^

    ReplyDelete
  4. miss, liat makeup dirimu ala 1920 vs 2014 ternyata tren nya terus berubah ya. "mbayangin gimana cara bikin lip nya" tp aku lebih suka makeup mu yang Matching Color 2014 cocok banget buat km, gorgeous

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... iya yah. kebayang nggak sih kita jalan dengan makeup authenticnya gitu ke mall. hihihihi...

      Delete
  5. Wah ternyata sejarah make up itu menarik juga ya untuk dibahas, aku suka nontonin di youtube advertisement jaman 60-80 somehow modelnya cantik-cantik banget walau gak oplasan kayak jaman sekarang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah.. 60an adalah golden era katanya. Kalau 80 waktunya main main sama warna.. hihihihi

      Delete
  6. 1920s is the age when ladies dandan super menor buat mengimbangi suasana kelam after perang dunia1, same goes to 1950s. I love your flapper looks, great job you did with the makeup and the hat as well! Kapan2 bikin pin up girl look dong ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Exactly. 1920an adalah jamannya dimana perempuan juga ikut ambil bagian dalam porsi yang besar dari dunia cowo. Baik fashion maupun sosial. !950's adalah jamannya akar-akar pergerakan feminist dimulai. Yang seru, itu awal mulanya winged eyeliner mulai ramai, sebagai imbas ditemukannya liquid eyeliner. Aku dah pernah bikin pinup look sih, tapi ntar aku bikin lagi yang authentic. :)

      Delete
  7. Hi plum!!

    Such a WOW post.. educative yet entertaining.. kudos!!

    www.thestoryofbipolarcoffeejunkie.com

    ^_^

    ReplyDelete
  8. Selalu seneng deh baca postingannya. Pasti ada banyak informasi yg dikasih. Apalagi tth sejarahnya itu. Aku seneng baca ttg sejarah juga dan aku udah bacain semua postingan plum dari awal post! >< hahahaha. Let's be friends :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh.. terimakasihhhh... I'm flattered... :*

      Delete
  9. wah jadi keinget sama waktu aku kul fashion designer ^^ belajar sejarah fashion :)
    nice info say.. n makeupnya 20's banget :D

    ReplyDelete
  10. LOVE this post so much!

    http://imaginarymi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  11. waa bagus makeup nya ..
    tapi kadang kalo liad yang era lama itu bisa bikin serem, soalnya keinget sama wanita-wanita jahat di pilem *korban pilem :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... sama aku juga suka serem sih liatnya... hihihi

      Delete
  12. wahhh keren banget dear ><
    postnya mendetail dan suka banget sama eye makeupnya :D
    Btw GFCnya udah dfollow yah ^^
    Hope we can be good friends :D

    VISIT MY BLOG❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii...

      Makasih yaaa...
      I bet we will.... :)

      Delete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)