LOOK : Lash Up

14:21






Hi girls....

Ah senangnya kembali lagi dengan tutorial baru. Masih dalam rangkaian tutorial Trend Makeup 2014, kali ini Plum akan bahas tentang double lashes. Salah satu Best Makeup Trend 2014 ini adalah big lashes. Dimana bulu mata palsu dipakai ga hanya di mata bagian atas, tapi juga di bagian bawah. Ini sebenernya adalah makeup yang gampang-gampang susah. Karena butuh kebiasaan untuk bisa memasang bulu mata dengan rapih. When it comes to my job as a makeup artist, Plum bisa pasang bulu mata palsu ke klien ga lebih dari 1 menit. Tapi giliran pakai untuk sendiri, duh duh duh.... It takes a lot of minutes...

Untuk makeup ini, Plum menyadari bahwa kamu akan melihat banyak keanehan pada makeup nya Plum. Makeup ini terfokus sama mata, dan bentuk mata Plum kiri dan kanan nggak sama. Itulah kenapa Plum menghindari sekali bulu mata yang besar dan bulu mata bawah. Bentuk mata Plum yang ga sama bener-bener jadi terekspos... But.... for the sake of this tutorial, yasutralah yah.... hehehehe... Baiklah mari kita mulaiiii....


STEP 1


The step we all know... Moisturizer, primer, foundation then conceal all the imperfection. Kali ini karena under eye nya Plum sudah mulai agak terangan, Plum nggak pakai lagi si lippy orange sebagai corrector. Tapi langsung pakai Bobby Brown Cream Concealer. Lalu Plum pakai concealer Sonia Kashuk dengan shade beige untuk menghighlight kening, tulang hidung dan dagu. 

Setelah itu Plum set dengan loose powder. Plum menggunakan 2 warna yang berbeda. Yang lebih terang Plum menggunakan bedak Revlon, untuk dibawah mata dan juga tempat-tempat yang sudah Plum highlight tadi. Lalu Plum menggunakan Loose powder yang lebih gelap untuk daerah sisanya. Lalu blend semua dengan kuas besar. It works sort of like contouring for me.

STEP 2


Karena akan memfokuskan pada bulu mata, Plum memilih mengisi alis dengan Maybelline Crayon Eyebrow Pencil ini, dengan shade abu-abu. Supaya lebih muda aja warnanya, dan supaya bulu matanya lebih pop up lagi, Plum membentuk alis mengikuti bentuk aslinya saja, no big bold eyebrow today. Lalu Plum memakai eyeshadow primer favorit nya Plum dari Urban Decay.

STEP 3


Untuk eyeshadow, sangat-sangat tipis. Plum hanya pakai shimmery champagne di seluruh kelopak. Lalu contour mata dengan warna cokelat, tepat dibawah tulang mata. Dengan bentuk bulat mengikuti bentuk asli tulang mata, no cat eye effect juga for this look. Lalu menggaris mata bagian atas dengan Maybelline Eyestudio Lasting Drama Gel Eyeliner, warna hitam.

STEP 4

Now the fun part.


Sebelum memakai bulu mata palsu, jepit dulu bulu mata, lalu pakai mascara. Setelah itu pakai bulu mata palsu. Pilih bulu mata palsu yang membuat mata terlihat lebih besar dan dramatic.Jangan lupa pilih bulu mata yang memiliki tulang yang agak lunak, sehingga nyaman dipakai. Semakin besar semakin baik. Setelah terpasang, tekan-tekan bulu mata, untuk menyatukan yang asli dan palsu. Memakai mascara sebelum bulu mata palsu akan membuat bulu mata lebih awet dan bisa dipakai sampai berkali-kali.

Setelah itu garis mata bawah bagian dalam dengan eyeliner warna putih. Ini akan memberikan efek mata terlihat lebih besar dan segar. Setelah itu pakai bulu mata bawah. Pilih bulu mata yang besar dan dramatic juga, tapi jangan lebih besar dari bulu mata palsu yang atas ya. Dimana kamu harus meletakkan bulu mata bawah? diatas bulu mata asli atau dibawahnya. Well it depends. Kalau bulu mata bawah yang asli tebal juga seperti Plum, pakai dibawahnya supaya terlihat ngeblend, kalau tipis diatas nya juga nggak papa.Yang ideal untuk bulu mata bawah adalah single lashes. Karena akan terlihat lebih natural dan wearable.

STEP 5


Plum tidak memakai bush on, hanya contour pipi dengan menggunakan bronzer. I wanna go super nude with this eye. Tapi kalau kamu mau, bisa kok pakai blushon tipis. Lalu Plum pakai eyeshadow matte cokelat untuk contour hidung. 

Untuk bibir, Plum pakai lipliner warna peach dari PAC diseluruh bibir, lalu pakai matte lipstick pink dari NYX, hanya dengan cara ditepuk-tepuk saja. Tipis sekali. 

Selesaiiii....



Okay now some story about this trend....

Jadi a Hollywood Legend mengatakan bahwa , pada tahun 1916, sutradara film "Intolerance", D.W Griffith, menginginkan mata artisnya (Seena Owen) untuk terlihat 2x lebih besar di film. Akhirnya dia menyuruh pembuat wig yang terlibat dalam film itu untuk membuat bulu mata palsu yang kemudian ditempelkan di mata artisnya. Banyak orang yang menganggap dialah pencetus bulu mata palsu pertama kali. Tapi ternyata, pada tahun 1911 ada seorang wanita dari Kanada bernama Anna Taylor, menerima hak paten untuk artificial eyelashes. Lebih kebelakang lagi, ternyata ada seorang Jerman bernama Charles Nessler sudah menjual bulu mata palsu dalam box, yang dibuat dari rambut manusia ditempel pada sisik ikan, pada tahun 1903.


Kemudian muncul lagi bukti bahwa di Perancis, sudah melakukan eye extension sejak tahun 1882, dengan cara benar-benar menjahit bulu mata tambahan ke kelopak mata, dengan melalui proses anestesi tentunya. Sementara bulu mata yang ditempel sudah berkembang di Eropa paling tidak sejak tahun 1870an.

1882 Sewing in false eyelashes

Tahun 1960an adalah the highest point of Fake Lashes. Penggunaan fake lashes bertambah, penjualan pun naik dengan sangat drastis. Bulu mata palsu mulai dipakai nggak hanya di bulu mata atas, tapi juga bulu mata bawah. The trendsetter? Ofcourse it's Lesley Hornby atau yang lebih dikenal dengan nama Twiggy. Twiggy adalah salah satu dari supermodel pertama dunia yang kemudian menjadi trendsetter dan salah satu ikon dari makeup era 60'an, bersama dengan nama besar lainnya seperti Bridget Bardot. Twiggy merupakan model pertama yang mempopulerkan gaya Androginy. Super skinny and short figure, rambut super pendek dan makeup mata dengan bulu mata super besar adalah ciri khasnya....


Gaya makeup seperti twiggy ini sangat populer nggak hanya di Inggris dimana dia pertama kali ditemukan oleh seorang Fashion Journalist saat berumur 16 tahun., tapi juga menyebar sampai ke seluruh Amerika dan Eropa. Saat itu Twiggy sedang memotong rambutnya di House of Leonard, salon milik seorang celebrity hairdresser Leonard. Kebetulan saat itu Leonard sedang mencari seorang model untuk mencoba crop hair cut model baru yang ia ciptakan. Setelah memotong rambut Twiggy, dia memotretnya lalu menggantung foto itu di salonnya. Foto Twiggy itu kemudian dilihat oleh seorang Fashion Journalist dari Daily Express, yang kemudian meminta Leonard untuk mempertemukannya dengan Twiggy. Setelah bertemu, Twiggy diajak melakukan pemotretan, dan diterbitkan dengan Head Line "The Face of '66". Dari situ she's unstopable.

AUTHENTIC MAKEUP

Kalau kamu mau mencoba makeup dengan gaya asli nya Twiggy, ini caranya... 


Garis mata dengan eyeliner, bisa pakai pinsil maupun gel liner, berwarna hitam, tepat dibawah tulang mata, mengikuti bentuk mata, jauh sampai ke ujung dalam mata mendekati inner corner kamu dan juga ujung mata luar. No cat eye effect. Half moon shape. Setelah itu smudge garis yang sudah dibuat tadi dengan kuas pinsil menggunakan eyeshadow matte hitam. Jangan over-blend. Kita mau garisnya tegas dan kelihatan. 

Kalau kamu lihat, garis mata yang Plum bikin berantakan. Well, sorry to say, this is one of that style I can't rock on. Pertama mata kanan dan mata kiri Plum bentuknya nggak sama. Baik bentuk matanya maupun lebar kelopaknya. Kalau Plum garis dengan satu garis rapih saja, perbedaan antara mata kanan dan mata kiri akan kelihatan jauh. Dan lipatan kelopak mata dan mata bagian bawah Plum juga agak berlebihan. So then again, this is the best I could come up with this makeup.Plus, don't do it at 2 in the morning, you'll screw the line perfectly like me. LOL!!

Salah satu alasan kenapa si Fashion journalist itu suka banget sama Twiggy adalah karena dia berbeda. Untuk bulu mata bagian bawah, dia nggak pakai bulu mata palsu, tapi menggambarnya dengan eyeliner, seolah-olah itu adalah  bulu mata bawah. Untuk melakukan ini, lebih mudah dengan eyeliner berbentuk pen, karena ini bener-bener seperti menggambar. Or in mycase, a gel liner dengan kuas. Ga harus sama persis kiri dan kanan, hanya pastikan saja itu seimbang. 


Modelling is hard.... Jeez...I will never get this selfie things right I guess... LOL!!!


Tehnik ini mengingatkan kamu pada sesuatu??? Yups... Cut Crease Technique. Definitely terinspirasi dari gaya Twiggy. She's a huge monolid eyes. Which is common for a Brittish. Itulah kenapa dia menggambar garis di kelopaknya to get te illusion of double lid. She's genius..

Setelah menjadi model ternama, gaya makeup seperti ini tetap dipertahankan oleh para makeup artist yang mendandani dia, tapi kemudian dibuat lebih modern, dengan menambahkan warna pada kelopak dibawah garis itu.Salah satu foto yang iconic adalah dengan menggunakan warna hijau / torqouise. Tapi kamu tentu saja bisa memilih warna mu sendiri. Pilih warna-warna yang unik yang sama atau benar-benar kontras dengan warna softlens kamu.


Key point dalam authentic makeup 60's, adalah matte eyeshadow. Karena Shimmery Eyeshadow baru keluar later that era. Sekitar tahun 68-69. But I can't track siapa yang pertama kali mempopulerkan itu.

Wellllll.... 
That;s it girls... I do hope you enjoy this tutorial yah. Dan semoga menambah pengetahuan kita semua tentang dunia makeup yang kita cintai dan kita banggakan ini. *benerinpecialapakRTdiTPS* :D

Kalau ada sejarah makeup mana lagi, tahun berapa lagi yang kamu pengen tau dan pengen dibikinin tutorialnya, jangan malu-malu, silahkan tinggalkan pesan dimana saja. Bisa ke twitter Plum atau Instagram.

Twitter : @missplumblush
Instagram : @missplumblush

I'll see you around girls....
*kisskiss*

You Might Also Like

30 comments

  1. Waw...make up nya si twiggy ini beneran bisa bikin monolid bisa jadi kayak double eyelid, kapan-kapan nyobain ah.
    Oyaaa....mataku juga kanan dan kiri bedaaaa, jadi yang kanan itu sedikiiiitt double eyelid dan yang kiri tappered eyelid, kalo mau pake eyelid tape terus juga ribeeeett, ada saran model make up mata seperti apa biar bisa keliatan sama???
    Warna lipstiknya juga baguuuss...pake nyx apa ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai...

      Kalau mau paling ampuh memang caranya adalah eyelid tape. Hehehehe.. Tapi kalau cape, biasanya aku suka nyaranin temen-temenku untuk pakai riasan dengan warna paling gelapnya adalah di dekat lashes, makin light makin naik. Lipsticknya NYX matte nomer 15. hehehehe.... Terimakasih sudah main-main yah...

      Delete
  2. waaaa.. bulu matanya cetar banget say hihiih..pake merk apakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai merk artist. Itu enak banget loh. Dia bajakannya Elise... hihihihi... Lebih murah dan lebih lunak tulangnya. Modelnya sama kayak elise.

      Delete
  3. miss plum.. makasih sejarah bulu mata palsunya.. baru tau jadinya :)
    oh iya contour + highlightnya cakep banget. pake apa miss plum?
    kepengen jugaa... >,<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama ya sayangku....
      Contour aku cuma pakai bedak yang light dan dark ajah. hehehehe....

      Delete
  4. Ih ampun aku mau pake bulmat bawah tuh susahnya minta ampun. Gak ada skill kayaknya. Kamu jg bingitsss miss plum ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata orang sih practice makes perfect. Tapi aku juga ga pernah pakai bulmat bawah. Karena mataku ga simetris. huhuhu... Itu juga lama masangnya. hehehe...

      Delete
  5. aww lucu make up nya..make up mata nya mirip bgt ama Twiggy! tapi kayanya matanya twiggy lebih droppy ya bentuknya. lebi bagus bentuk mata kamu! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe... makasihhh... Mata aku ga bisa dibikin kayak twiggy. Makanya tuh rada berantakan, supaya pas melek seimbang. kalo plek kayak twiggy mah selesaiii. miring2 mataku... Hihihi,,,

      Delete
  6. Hai Plum! :D

    Aku selalu suka info-info sejarah seputar kecantikan yang kamu post :'D bermanfaat sekali :D

    Oh iya, emang bener bulu mata palsu atas-bawah bikin mata kelihatan lebih besar ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Aldila...

      Terimakasih ya... Senang sekali kamu suka.. yaaayyy...
      Iya besar banget. mata jadi terekspos. hehehehehe

      Delete
  7. whoaah..postingan nya canggih,,
    thank you Miss plum,,dari postingan ini ga cm jd tau lebih soal fake lashes,tp jg jadi tau ternyata kulit eksotis juga bs cantik pkai pink muda..
    aku kesulitan cari shade pink yang bnr2 match ke skin tone ku,,
    seringnya jd terlalu pucat,,hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama cantikkk.

      Pink itu lumayan universal kok. Kalau kulit eksotis kita bisa cari pink yg lebih warm. Misalnya yg huenya ke arah orange gitu. Jd kayak rose tea pink. Coral. Itu okeyh kok.

      Delete
  8. haii.. thanks udh mampir yah ke blog ku :)
    turitorialny gampang bgt di ikutin, tapi aku ga biasa make bulu mata bawah hahaha..
    pengen nyoba bkin ilusi doube eyelidnya >.<
    btw, you look gorgeous ;) & I've followed you :D

    pinkuroom.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai....

      Makasih udah mampir balikkkk. Ayoooo dicoba yahhhh. Tengkyu sayangggg....

      Delete
  9. Ajarin aku contour and highlighting donk miss plum >< baguss banget make-upnya.. aku nggak pinter nih ngolah adonan..

    ameltami.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi ameliaaa.

      Aku contournya cuma pakai bedak sih. Hihihi. Nanti deh aku bikin postingan soal contouring yg lebih jelas yahhhhh....

      Delete
  10. cetar banget makeup matanya.. kapan-kapan pengen nyoba juga ah :D
    warna lipstiknya cakep, countouring-nya jago.. jadi nambah pengetahuan juga sejarahnya si bulmatsu ini.
    makasih Miss Plum! :)

    Lova // clovers and carousel blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai cantikkk....

      Makasih yah dah main kesiniiiii. *kisskiss*

      Delete
  11. Keren banget hasilnya. Iya, makeup Twiggy emang termasuk yg paling oke menurutku. Hehe.

    ReplyDelete
  12. Suka look yg pertama.. cantikk banget (^3^)♥
    Makasii jg infonya dear ^O^

    ReplyDelete
  13. Miss plum why your lips so sexy ;/ pasang bulu mata emang susah yaaa huuu aku pakae sendiri kadang ga becuss ;/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... it's all makeup sayang... :D
      Iya bulu mata tuh pe er bangetttt....

      Delete
  14. Miss plum rapih banget pake bulu mata bawahnya, aku suka berantakan pake bulu mata bawah. Akhirnya bulu mata bawah aku suka make buat bulu mata atas aja, keliatan ttp natural hasilnya untuk daily hehehe :p good job as usual :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga percobaan pertama aku pakai sendiri dimataku. Ga suka pakai bulu mata bawah soalnya. hehehe.. makasih sayang.. *kisskiss*

      Delete
  15. ah jadi pingin nyobain stylenya Twiggy hihi :3
    nice infooo miss :)
    salam kenal ya

    btw, followed you :) mind to follow back?

    resitaelena.blogspot.com

    ReplyDelete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)