BEAUTY BOOK : Ultraviolet ABC

21:33




Hi there girls...

Baiklah.. Sebelum melanjutkan dengan rangkaian tutorial, Plum mau membayar hutang lagi nih. Plum banyak mendapatkan request untuk membahas soal ini dari follower di twitter. Segala sesuatu tentang Sinar Ultraviolet. Kebetulan kemarin Plum baru pulang dari Bali, dan mendapat teguran keras dari dokternya Plum. Karena itu rasa-rasanya sudah waktunya untuk dibahas sekarang. Hehehehe....

So here comes the sun.....

Sebagai daerah tropis, Indonesia didominasi dengan keberadaan matahari. Even saat musim hujan, matahari tetap ada. Walaupun sekarang musim udah nggak jelas di negara kita ini. Indonesia juga memiliki pantai-pantai indah nan eksotis. Plum personally sangat suka dengan Pantai. Tergila-gila. Kalau kamu adalah follower lama Plum, kamu akan tau betapa Plum sangat suka berada dibawah matahari. Plum suka sunbathing untuk menambah warna pada kulit asli Plum yang pucat. Kuning nggak, putih nggak, pink nggak, sawo matang juga nggak. hehehehe. 



Plum juga suka olahraga2 yang dilakukan dibawah matahari. Misalnya saja surfing dan motocross. Nah kemarin ini Plum baru aja pulang dari Bali untuk menyanyi di pernikahan sahabatnya Plum. Tentu aja Plum ga bisa say No untuk mantai dan berjemur. Alhasil pulang-pulang geseng deh. Setelah melihat foto nya Plum, dokter Plum ngamuk-ngamuk dan mulai menceramahi soal si UVA UVB ini. Walaupun Plum sudah sangat tau, tapi yaudahlah dengerin aja, Hehehehehe. (Kalau kamu adalah follower lama Plum maka kamu juga pasti tau kalau Plum adalah seorang gadis cantik nan ngangenin yang hidup dengan kanker... *kibasrambut*)

So lemme share it with you...

ULTRAVIOLET RADIATION

Secara gampang menjelaskannya adalah sinar matahari itu adalah ultraviolet. Dan Ultraviolet memiliki radiasi yang dibagi 3. Yaitu UVA, UVB dan UVC. Menurut panjang dan kuatnya radiasi dari ketiga ini, UVC adalah yang terendah.  Saking rendahnya, dia memancar hanya sampai di lapisan ozon kita. UVB adalah ultraviolet dengan radiasi intermediate. Sampai ke bumi dan lapisan luar kulit kita. Sunburn adalah hasil dari perbuatan si UVB. UVA adalah ultraviolet dengan radiasi paling besar, gelombang paling panjang. UVA ini masuk sampai ke bagian kulit dalam kita mendekati jaringan tissue.Saat kulit kita menjadi Tan dan menghitam, itu lah perbuatan si UVA.Saking kuatnya radiasi UVA, dia juga bisa menembus pakaian dan juga kaca.


Baik UVA maupun UVB, keduanya bisa menyebabkan kanker. UVB bisa menyebabkan kerusakan lapisan kulit, UVA bisa mempercepat penuaan. Dan ini adalah fakta-fakta yang keliru soal sinar ultraviolet.

"SAAT MENDUNG DAN BERAWAN, KITA NGGAK PERLU PAKAI LOTION PELINDUNG DARI ULTRAVIOLET"
jangankan awan, kaca saja bisa di tembus kok.

"TANNING DENGAN MENGGUNAKAN TANNING MACHINE LEBIH AMAN DARIPADA SUNBATHING LANGSUNG"
Nope. Nggak ada tanning yang aman, kecuali yang artificial dari cream pewarna dari botol. Saat kulit kita Tan atau hitam itu tandanya telah terjadi kerusakan pada DNA. Seiring dengan bertambahnya umur, kerusakan pada DNA semakin sulit untuk diperbaiki, sehingga kalau udah tan susah baliknya lagi. Begitu juga kalau keseringan terekspos matahari, maka kerusakan DNA nya akan menjadi permanen.

"LOTION ANTI MATAHARI DENGAN SPF TINGGI MAKA SEMAKIN TINGGI JUGA PERLINDUNGANNYA"
Ini masih dalam perdebatan. Karena ada beberapa penelitian mengatakan bahwa SPF yang lebih tinggi dari 30 tidak akan berpengaruh terlalu jauh dengan yang 30 itu sendiri. Tetap harus di reapply setiap mostly 30 minutes after a hard sun exposure.

UV PROTECTION

Dengan bahaya yang mengancam setiap hari seperti ini, tentu saja kita butuh perlindungan. Sekarang banyak sekali krim pelindung yang beredar di pasaran. 



Yang pertama adalah SUNSCREEN. Cream ini lebih cepat menyerap pada kulit. Cara kerjanya adalah dengan membiarkan sedikit sinar UV diserap kulit. Bahan kimia yang terkandung didalamnya akan bereaksi lalu merubah radiasi yang diserap itu menjadi lebih ringan, lalu di lepaskan kembali.



Lalu ada SUNBLOCK. Berbeda dengan sunscreen, sunblock bekerja dengan cara memantulkan kembali radiasinya.Sunblock diciptakan memang untuk tetap berada diatas kulit tanpa terserap pada kulit. Warnanya putih karena itu setelah memakai Sunblock biasanya suka ada whitecast pada kulit kita. Tapi sekarang ini dengan menggunakan teknologi nano yang merubah partikel menjadi lebih kecil, maka sunblock sudah menjadi invisible.

Apapun pilihan yang kamu jatuhkan, baik sunscreen ataupun sunblock, pastikan kamu memilih yang memiliki perlindungan baik terhadap UVB maupun UVA.

SPF



Sebelumnya Plum sudah pernah membahas soal SPF. Kamu bisa lihat disini. Secara umum SPF adalah satuan yang dipakai untuk mengukur kemampuan sebuah cream dalam melindungi kulit dari UVB. Pilih krim dengan kandungan SPF minimal 15 atau 30. Pakai setiap hari. 

BROAD SPECTRUM



Perlindungan dari UVA bisa didapatkan dari krim yang mencantumkan "Broad Spectrum" pada kemasannya. Itu tandanya produk tersebut memiliki kandungan yang melindungi kulit kita dari UVA dan UVB.

PA +, ++, +++
Ada juga beberapa cream anti UVA memiliki tulisan PA +, ++, atau +++. Itu adalah sebuah satuan hitungan kandungan proteksi terhadap UVA yang diciptakan oleh para ilmuwan Jepang. Tapi karena belum diakui oleh FDA, maka kamu hanya akan menemukannya pada produk yang berasal dari Asia saja. Semakin banyak + nya, maka semakin kuat juga proteksinya.

FDA-Approved Sunscreens
Active Ingredient/UV Filter NameRange Covered
UVA1: 340-400 nm
UVA2: 320-340 nm
UVB: 290-320 nm
Chemical Absorbers:
Aminobenzoic acid (PABA)UVB
AvobenzoneUVA1
CinoxateUVB
DioxybenzoneUVB, UVA2
Ecamsule (Mexoryl SX)UVA2
Ensulizole (Phenylbenzimiazole Sulfonic Acid)UVB
HomosalateUVB
Meradimate (Menthyl Anthranilate)UVA2
OctocryleneUVB
Octinoxate (Octyl Methoxycinnamate)UVB
Octisalate ( Octyl Salicylate)UVB
OxybenzoneUVB, UVA2
Padimate OUVB
SulisobenzoneUVB, UVA2
Trolamine SalicylateUVB
Physical Filters:
Titanium DioxideUVB, UVA2
Zinc OxideUVB,UVA2, UVA1

Untuk memastikan apakah krim dengan label Broad Spectrum yang kamu pilih benar-benar memiliki kandungan yang dibutuhkan untuk melindungi kulit dari UVA dan UVB, cek aja ingredients nya. Apakah memiliki kandungan 1 atau lebih zat diatas atau tidak.

UPF CLOTHING


 Seperti yang Plum sudah ceritakan bahwa UVA bisa menembus kaca, maka kita butuh proteksi lebih. Saat kamu membeli baju, pada labelnya bisa kamu cek apakah dia terbuat dari bahan yang sudah termasuk UPF atau tidak. UPF adalah material pembuat baju yang bisa memberikan proteksi lebih pada kulit kita. Silahkan cek tabel diatas untuk mengetahui kriterianya.

Baiklahh....

Kurang lebih seperti itu lah kenyataannya soal Tanning, UVA dan UVB... Karena kita tinggal masih di Bumi, tentu aja kita nggak akan bisa menghindari terus yang namanya sinar matahari. Tapi tentu saja kita bisa berusaha mengurangi efeknya. Gunakan krim pelindung matahari 20-30 menit sebelum kita beraktivitas. Apalagi aktivitas seperti di pantai. Hindari berada dibawah sinar matahari yang terlalu terik. So you need to be in the shadow setiap jam 10 - 16 setiap harinya. Selalu gunakan after sun lotion setelah terekspos sinar matahari yang berat. Itu akan membantu mendinginkan dan mengembalikan kemampuan kulit beregenerasi secara sempurna lagi. Matahari tidak hanya merusak kulit, tapi juga merusak mata. Karena itu pakai kacamata berlensa anti UV saat matahari lagi cantik-cantiknya. A hat and a coat or pashmina juga bisa membantu mengurangi efek sinar matahari setiap hari.

Semoga membantu ya girls....

See you around....
*kisskiss*





You Might Also Like

5 comments

  1. wah baru tau kalau bisa menembus kaca + pakaian..
    ckck
    kuat banget ternyata..
    makasiih buat infonya..

    http://www.bloglovin.com/amourpixie

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahhh... serem yahhhh... kebayang nggak sih rusaknya bakalan kayak apaan....

      Delete
  2. Iyaaaaa... ayo dilindungin kulitnyaaaaa

    ReplyDelete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)