MAKEUP 101

10:48



                                          


Hi girls....

Dengan banyaknya request dan pertanyaan berulang-ulang soal bagaimana memakai makeup yang benar, urutannya apaan aja, maka Plum membuat postingan ini. Semoga aja bisa membantu kamu yang masih pemula dan baru belajar alias nyoba-nyoba.

The key to perfect makeup adalah :

1. Pilih produk yang sesuai dengan jenis dan warna kulit kamu
2. Be creative. Coba-coba aja. Karena nggak ada yang paling benar dalam ber-makeup. Tehnik yang Plum pakai belum tentu nyaman untuk kamu. Begitu juga dengan produk dan aplikator. Produk makeup bisa memberikan hasil yang berbeda sama tiap orang. Aplikator bisa berfungsi ganda. Kayak misalya, Plum suka pakai kuas blush-on untuk foundation, lip brush untuk diffuser dan lain-lain.
3. Practice makes perfect. Semakin sering kamu mencoba pakai makeup sendiri, maka akan semakin bagus skill kamu.

Okeyh... Let's start. Tapi sebelumnya perlu kamu ketahui, bahwa semua yang Plum tau soal makeup, Plum pelajari sendiri, tidak pernah ikut kursus/sekolah apapun, jadi kemungkinan akan ada banyak bantahan dari mereka yang memang mendalami makeup. Tapi yang Plum share adalah apa yang Plum biasa lakukan pada Plum dan juga klien-klien Plum, so far belum ada complain. You could always find a second opinion yang bener-bener suit your style. :)

STEP 1 : Pelembab

                                            
Ini adalah tahap yang terpenting. Kamu mau makeup yang flawless dan terlihat sangat menempel sama kulit kamu? Mulailah dengan skin care yang tepat. Kulit yang sehat akan menjadi kanvas yang sempurna untuk makeup. Dan semakin sehat kulit kamu, semakin sedikit juga produk yang harus kamu pakai. Pelembab juga akan mempermudah penyerapan foundation sehingga terhindar dari wajah yang cakey.

Untuk memilih skin care yang tepat, Plum nggak bisa sebut merk juga yang bagus apa. Kamu harus mencoba nya sendiri. Cobalah, dan lihat hasilnya dalam 8 minggu. Kalau tidak memberikan hasil apa-apa, maka harus di ganti. Karena nggak cocok. Dan kalau ada reaksi alergi atau semacamnya, hentikan pemakaian dengan segera.

Pelembab berbahan dasar gel atau air cocok untuk kulit berminyak. Yang bahan dasarnya krim atau lotion cocok untuk kulit kering. Sedangkan kulit normal bisa apa saja. Lihat dulu tulisan yang tertera pada kemasan. Pasti selalu ada keterangan produk itu diperuntukkan untuk kulit jenis apa.


STEP 2 : Foundation

                                           
Step selanjutnya adalah foundation. Ada berbagai macam foundation di pasaran. Pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit dan warna kulit kamu. Penjelasan tentang foundation, kamu bisa silahkan lihat di postingan Plum yang INI

Kata one of my Favorite MUA, ka Santy Chen dari Surabaya, setiap MUA punya cara dan tehnik nya sendiri. Semua ada cirinya. Nah kalau Plum memang alirannya Natural. Untuk makeup, kecuali bertema, Plum lebih suka memakaikan foundation yang warnanya sama dengan kulit Plum atau kulit klien. Menurtu Plum, makeup itu untuk mempercantik wajah dengan menonjolkan kelebihan dan menyamarkan kekurangan yang dimiliki, bukan dengan membuat wajah baru a.k.a demplon. (I just learn the word... hihihihihi....)

Untuk sehari-hari tips dari Plum adalah untuk memakai produk sesedikit mungkin. Biasanya, Plum sendiri untuk daily hampir nggak pernah pakai foundation. Dari pelembab langsung concealer dan bedak. Supaya lebih light dan kulit kerjanya ga terlalu berat. Atau kalau memang kamu suka, bisa pilih foundation yang ringan dan light coverage. Atau bisa pilih BB cream atau tinted moisturizer. Jangan lupa membersihkan wajahnya juga harus teliti dan cermat ya.

STEP 3 : Concealer

                                           
Ini adalah salah satu produk makeup yang selalu ada di dalam tas makeup Plum. Buat kamu yang punya kantung mata dan lingkaran hitam / dark circle, berteman lah dengan concealer. Mata panda dan wajah lelah akan hilang dengan sekejap. 

Concealer adalah foundation dengan kandungan pigmen warna lebih banyak. Karena tugasnya juga lebih berat dibanding foundation, makanya warnany juga lebih intens.

Concealer juga ada beberapa macam. Yang bentuknya liquid, creamy atau juga seperti lotion. Liquid concealer cocok untuk dipakai yang kulit disekitar mata nya cenderung kering. Untuk mempermudah pemakaian concealer di sekitar mata, aplikasikan eye cream terlebih dahulu. Ini juga mencegah concealer nya jadi pecah-pecah.

Concealer juga bisa dipakai untuk menutupi noda pada wajah, bekas jerawat maupun kemerahan. Untuk cream concealer, supaya lebih sempurna, harus diaplikasikan dengan kuas. Kalau yang liquid, biasanya sudah dengan aplikatornya. 


STEP 4 : Bedak
                  

Ada 2 macam bedak. Loose powder dan compact powder. Ini juga  pilihan. Untuk hasil yang lebih sheer, bisa pakai loose powder. Untuk penggunaannya bisa dengan kuas bedak atau juga dengan aplikator bawaannya. Kembali lagi semua tergantung dengan hasil akhir yang kamu inginkan. 

Bedak sangat penting untuk mengunci foundation dan juga concealer supaya tidak pecah dan meleleh. Karena itu selalu pakai bedak setelah foundation dan concealer. 
Untuk pilihan warna, pilihlah yang paling mendekati dengan warna kulit kamu. Jangan lupa juga pada leher supaya kamu tidak terlihat seperti sedang memakai topeng.

Kenapa Plum selalu menganjurkan untuk memakai bedak dengan warna yang (usahakan hampir) sama dengan warna kulit asli, karena hasil makeup terlihat bagus atau tidaknya itu beberapa jam setelah dipakai. Kalau kamu pakai warna yang tidak sama dengan kulit kamu, misalnya lebih putih, itu bakalan terlihat banget beberapa jam setelahnya. pancaran wajah kamu bisa belang belonteng. Apalagi kalau kamu berfoto-foto. Apalagiiiii.... kalau fotonya pakai blitz. Wah mimpi buruk deh... :)

STEP 5 : Alis


Alis adalah bagian yang sangat penting. Karena alis membingkai wajah. Pembentukan alis yang benar bisa membuat mata terlihat lebih terbuka dan wajah serta makeup menjadi lebih sempurna. 

Dulu Plum juga berfikir bahwa alis "natural" dengan banyak rambut halus disana sini adalah yang terbaik. Tapi ternyata, setelah berkali-kali makeup, selalu aja rasanya ada yang kurang. Apalagi mata Plum yang bulet gede dan indah serta menawan itu jadi ga tegas. (yang ga setuju Plum doain alisnya botak sebelah.......). Ternyata setelah dipaksa sama mama nya Plum untuk merapihkan alis, everything seems falling right into places gitu. Makeup dan wajah jadi keliatan perfect, dan mata terlihat tegas. 

Untuk alis yang lebih natural, kamu bisa hanya mengisi kekosongan dengan eyeshadow. Kalau alis kamu tipis atau bahkan tipis pake banget, pinsil alis is your bestfriend. Tapi harus diingat bahwa untuk membentuk alis, mulailah dari tipis lalu dibangun intensitasnya. Harsh line pada alis akan membuat wajah terlihat galak.

Alis yang tebal akan memberi kesan young and fresh. Untuk warna, kalau rambut kamu gelap misalnya hitam atau brunette, pilih 2-3 shade yang lebih muda dari warna rambut kamu. Kalau pirang pilih 2-3 shade yang lebih tua.
STEP 6 : Eyeshadow

                                     

Untuk warna yang lebih keluar dan tahan lama, pakai eyeshadow base atau primer sebelum memakai eyeshadow padat. Kalau kamu nggak punya eyeshadow base atau primer, pakai creamy eyeshadow warna yang sama dengan eyeshadow yang ingin kamu pakai. Hal ini akan memberikan efek yang sama juga.
Untuk melihat bagaimana cara pakai eyeshadow, silahkan liat-liat postingan blog Plum yang judulnya "LOOK". Plum membuat banyak tutorial kok. Semoga aja bisa membantu kamu.

STEP 7 : Eyeliner


Ini adalah optional. Kamu boleh pakai, boleh juga tidak. Tapi pemakaian eyeliner yang benar akan instantly change your look. Eyeliner ada beberapa jenis. Pinsil, gel, dan juga liquid. Bahkan sekarang katanya ada juga yang tempel, Pinsil eyeliner akan memberikan hasil dengan intensitas yang paling rendah, gel yang sedang dan liquid yang paling tinggi. Kalau kamu mau eyeliner lebih terlihat di foto, Plum anjurkan untuk pakai liquid eyeliner. 

Untuk memakai eyeliner liquid, pilih lah yang aplikatornya membuat kamu nyaman. Supaya lebih mudah. 
Ini potingan Plum tentang gimana caranya pakai eyeliner. Silahkan klik INI.

STEP 8 : Mascara & Bulu mata Palsu (optional)
                                                               

Sebelum memakai mascara, jepit dulu bulu mata dengan menggunakan penjepit bulu mata. Cara menggunakan penjepit bulu mata yang benar adalah dengan menekannya perlahan. Mulailah dengan menjepit dekat dengan akar, lalu tengahnya kemudian ujungnya. Dengan begitu bulu mata akan terlihat lentik tapi tetap natural.

Untuk kamu yang bulu matanya tipis dan pendek, pilihlah jenis mascara clump free. Biasanya yang sikatnya kecil dan tipis. Sedangkan yang lain bisa disesuaikan dengan hasil akhir yang kamu inginkan. Usia mascara hanya 3 bulan. Karena itu lebih baik membeli mascara yang murah. Hampir semua mascara dari Maybelline sangat terjangkau dan kualitasnya sangat bagus. In any occation, Plum tetap menganjurkan untuk selalu memakai waterproof mascara.  

Untuk hasil yang lebih dramatis, kamu bisa menggunakan bulu mata palsu. Caranya, silakan klik INI.


STEP 9 : Blush on

                                                          

Blush on juga datang dalam berbagai macam bentuk dan tekstur. Ada yang creamy dan juga padat. Untuk hasil yang tahan lama, pakai cream blush on sebelum menggunakan blush on padat. Pastikan kedua warnanya mendekati sama.
Untuk memilih warna blush on, biasanya Plum akan mencocokan dengan lipstick yang akan Plum pakai. Kalau Plum pakai lipstick shade cokelat atau oranye, blush on peach akan jadi pilihan yang cocok. Kalau lagi kepengen pakai lipstick shade pink, blush on pink atau rosewood lah pemenangnya.
Blush on ada yang matte ada juga yang shimmery. Untuk sehari-hari, somehow Plum suka pakai yang shimmery atau sheer finish. Karena memberikan that helathy glow no makeup look gitu.

Cara pakainya, Plum akan memulas tepat ditulang pipi, dimulai dari garis rambut lalu blend ke apple of the cheek. Untuk tulang pipi yang lebih tinggi, contour dengan menggunakan bronzer dan beri highlight. Untuk tehnik contouring silahkan klik INI .
STEP 10 : Lipstick

                                         
Sebelum memakai lipstick, pakailah dulu lipbalm untuk melindung bibir. Dan supaya bibir tidak kering dan lipstick bisa dipakai dengan smooth, sehingga bibir terlihat lebih sehat dan bagus. Lipstick juga datang dengan berbagai macam hasil akhir. Mulai dari matte sampai glossy. Semuanya terserah kamu dan tergantung selera aja.
Lipstick dengan warna yang gelap akan membuat bibir terlihat lebih kecil. Begitu juga sebaliknya dengan warna lipstick yang terang. Untuk tampilan lebih full, pakai lipliner dengan warna yang sama pada garis bibir. Jangan lupa di blend ya.
Sesudahnya kamu bisa pakai lipgloss sebagai tambahan.

That's it.... Yang nggak kalah penting adalah untuk mempelajari bagaimana meng-contour wajah supaya terlihat lebih sempurna. Caranya, silahkan klik INI. Untuk aplikator, pilihlah yang memberikan kenyamanan untuk kamu. Beberapa menyukai kuas, beberapa lebih senang sponge, dan beberapa memilih pakai tangan. Saran Plum, coba-coba aja dulu.
Yang terpenting lagi adalah, makeup harus well blend. Semua warna harus menyatu dengan baik, supaya tidak terlihat seperti lukisan yang belum jadi. hehehehe.....

Sekali lagi Plum ingatkan bahwa ini bukanlah cara satu-satu nya untuk memakai makeup. I'm just sharing what I know dan how I do it daily. Semoga bisa membantu kamu yang baru belajar makeup ya.
Have fun.
*kisskiss*

You Might Also Like

6 comments

  1. kalau utk make up ke kantor sehari-hari, bagusnya kek mana kak nannet?pakai foundie tiap hari bikin kulit jadi "susah bernafaskah"?
    berilah pencerahan kak... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaaa... baru aja aku tambahin tadi.... hihihihihi...

      Untuk sehari-hari tips dari Plum adalah untuk memakai produk sesedikit mungkin. Biasanya, Plum sendiri untuk daily hampir nggak pernah pakai foundation. Dari pelembab langsung concealer dan bedak. Supaya lebih light dan kulit kerjanya ga terlalu berat. Atau kalau memang kamu suka, bisa pilih foundation yang ringan dan light coverage. Atau bisa pilih BB cream atau tinted moisturizer. Jangan lupa membersihkan wajahnya juga harus teliti dan cermat ya.

      Delete
  2. miss, kalo make up ke sekolah gimana? bikin tutorial dooong
    btw itu yang demplon, aku nyebutnya dempulaaaaan. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baiklahhhh... Nanti aku bikinin yaaaa...

      Hihihihi... Aku baru aja belajar tuh kata2 demplon... Alias tebel kek ondel2. Mirip kali ya sama dempulan. :DDDD

      Delete
  3. Membantu banget buat yg baru belajar make up, kalo ada yg minta ajarin mungkin bisa aku suruh buka page ini. Btw, aku sebentar lagi jd sarjana hukum juga tapi cinta make up banget haha. Salam kenal :)

    Rumahcantikputri.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. wow mbak annet makin kinclong niwh

    ReplyDelete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)