CONCEALER 101

22:30



Hi girls...

Apa sih itu concealer, dan apa manfaatnya????

Concealer adalah salah satu produk makeup yang terpenting untuk kamu miliki. Terutama untuk kamu yang memiliki under-eye circle alias mata panda alias lingkaran hitam dibawah mata. Concealer, mudahnya adalah foundation dengan kandungan pigmen warna yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan tugasnya yang lebih berat dari foundation, yaitu untuk menutupi noda-noda pada wajah dan tentu saja untuk menyamarkan dark circle. Makanya keberadaannya dalam proses bermakeup itu sangat penting. You don't wanna wear a tired- face all day kan.... :)

Concealer yang ada di pasaran, secara umum dibagi menjadi 3. Plum ceritain satu-satu ya....

LIQUID


Liquid concealer cocok untuk dipakai pada area yang lebih luas. Semisal daerah dibawah mata, sekitar bibir dan tulang hidung. Terutama untuk kamu yang jenis kulitnya cenderung kering. Pemakaiannya cukup mudah. Bisa membaur dengan mudah walaupun hanya dengan cara di tepuk-tepuk pakai tangan.

CREAM


Concealer dengan tekstur creamy sangat cocok untuk kamu yang matanya memiliki kerutan seperti Plum. Karena nggak hanya sekedar menyamarkan dark circle, tapi juga mengisi space antara kerutan. Cara memakainya harus dengan kuas supaya lebih well-blend. 

STICK


Concealer dengan jenis ini adalah concealer dengan pigmentasi yang lebih banyak. Karena itu sangat cocok untuk menyamarkan jerawat dan kemerahan pada wajah. Dan juga bisa diandalkan untuk menutupi flek dan noda hitam pada wajah, yang parah sekalipun.

Nah setelah mengetahui jenis-jenis concealer, pertanyaan utama nya adalah, bagaimana cara memilih warna yang tepat. 

Memilih shade untuk concealer bisa menjadi sangat tricky. Terutama untuk di daerah sekitar mata. Salah-salah malah bisa jadi terekspos lingkaran hitamnya. Ini adalah teori yang mungkin sudah pernah kamu dengar tentang memilih shade concealer, khususny untuk menyamarkan lingkaran hitam dibawah mata.

"Pilihlah concealer dengan 1 atau 2 shade yang lebih light dari kulit kamu."

Plum nggak bilang ini salah ya, cuma yang jadi masalah begini, lingkaran hitam pada setiap orang itu berbeda-beda. Kalau memang sesuai sih mungkin dengan pemakain 1 atau 2 shade lighter, semuanya selesai.   Tapi kalau udah yang parah banget atau gelap banget, nah ini dia yang Plum bilang di awal, bisa-bisa dark circle nya makin terekspos.

Makanya, this is how i conceal my dark circle.
Trik nya adalah untuk menetralisir si dark circle itu dulu. Bagaimana caranya???? Ini dia teorinya....

1. Kenali dulu warna dark circle kamu. Apakah kebiruan, kehijauan atau coklat gelap kehitaman. Caranya mudah, tundukan kepala sedikit didepan kaca, lalu lihat dibawah mata kamu. Posisi ini juga posisi yang paling ideal untuk memakai concealer. Karena jadi kelihatan bagian mana yang butuh ekstra coverage.

2. Pilih concealer dengan shade yang tepat, yang bisa menetralisir dark cirlce kamu. Untuk dark circle yang berwarna kebiruan, pilih lah concealer dengan undertone peach/pink. Dark circle kehijauan, pilih concealer dengan undertone kekuningan. Untuk dark circle cokelat gelap kehitaman dan abu-abu, pilih concealer dengan undertone kuning atau orange concealer. Orange concealer sangat cocok dipakai pada kulit cokelat gelap dan hitam.

Setelah di netralisir, baru deh pakai concealer 1 shade lebih light dari kulit atau in my case, yang paling mendekati alias mirip sama warna kulit. 

Beberapa orang beranggapan bahwa pemakaian foundation juga berpengaruh dengan pemilihan concealer. Kalau kamu sudah pakai foundation, berarti cukup pakai concealer dengan 1 shade lebih terang dari kulit asli, sedangkan kalau tidak pakai foundation, bisa pakai 2 shade lighter. Bukannya salah loh ini, tapi Plum emang menghindari banget pemakaian concealer dengan shade yang terlalu lighter than my complexion. Karena nggak mau dari mata panda berubah jadi mata racoon aja. hehehehe...


Bertahun-tahun lamanya Plum pakai concealer Bobby Brown dan nggak ada masalah sama sekali. Tapi saat bikin LOOK Depavali beberapa waktu lalu, I found out that sudah saatnya berganti concealer, karena udah nggak cocok lagi. Karena itu sekarang Plum pindah ke Sonia Kashuk Hidden Agenda concealer Pallete. Sangat recommended. Easy to blend, dan warnanya bisa dicampur sampai memberikan coverage dan camouflage yang diinginkan. Waterproof juga. Tahan lamanya itu loh yang juara. Hehehehehe....


Pertama, dengan menggunakan kuas concealer, Plum pakai warna yang kiri bawah. Basically ini adalah warna yang lebih gelap beberapa shade dari kulit Plum. Ini berlaku sebagai penetralisir dark cirlce Plum yang warna nya cokelat gelap kehijauan. Dan sangat parah. Setelah itu Plum menggunakan foundation brush untuk blending hanya dengan cara di tepuk perlahan saja.

Setelah itu Plum pakai yang kanan bawah. Ini shadenya sama dengan complexion nya Plum. Bisa dikatakan jadi kayak cream foundation yang cocok banget sama warna kulit Plum. 

Plum sangat-sangat puas dengan concealer ini... Tapi sayangnya kantung mata memang nggak bisa di tutupin sama concealer. I really need to get more sleep for that one...

CONCEALING TIPS

1. Selalu pakai eyecream sebelum bermakeup. Ini akan memudahkan pemakaian concealer. Apalagi untuk pemakaian creamy concealer dibawah mata. 

2, Selalu pakai bedak setelah pemakaian concealer. Ini akan mengunci concealer, supaya tidak terjadi creasing (pecah)

3. Cobalah sebelum membeli. Usahakan saat mau beli lagi nggak pakai makeup. Supaya lebih kelihatan. Kalau sudah dandan, bisa dicoba di pembuluh darah di pergelangan atau dibelakang telinga. 

4. Pemakaian foundation sebelum concealer akan membantu juga penyerapan si concealer, foundation juga akan membantu tugas concealer dalam menyamarkan noda.

5. Untuk jerawat atau kemerahan pada wajah, gunakan concealer dengan undertone hijau. 

6. Hasil dari pemakain concealer, baik shade, tekstur, tehnik maupun bentuk, bisa jadi berbeda pada tiap orang. Karena itu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal untuk kamu sendiri, bereksperimenlah.... :)


Hope it helps girls...
*kisskiss*

You Might Also Like

5 comments

  1. I hardly ever wear make up but may be I should try this one. Thanks for sharing!

    natzcracker

    ReplyDelete
    Replies
    1. You should dear.... You'll see how it's gonna help your tired face... :)

      Delete
  2. thanks for info nya kak!:) aku suka galau beli concealer, jadi biasa pake foundation ato bbcream yang 1 shade lebih muda dari kulit hohohoh.
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. concealer itu foundation yang lebih intens aja kok sayang.... :)

      Delete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)