HOT TIPS : Cara Memilih dan Menggunakan Foundation (non-cakey)

08:50






Hello there gorgeous,

Sesuai dengan yang sudah Plum janjikan, Plum akan re-write semua twitorial yang sudah Plum buat di twitter. Yang kali ini akan Plum bahas adalah yang lumayan sering di request dan ditanyakan di twitter.

Foundation yang cakey disebabkan oleh kulit yang belum siap, penggunaan foundation yang terlalu banyak, aplikasi foundation dengan cara yang salah dan menggunakan bedak yang terlalu tebal setelah foundation.

Untuk mencegah foundation kamu menjadi cakey, sebenarnya mudah sekali. Yang paling penting adalah menggunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu sebelum menggunakan foundation, agar kulit kamu siap dan sehat. Yang kedua adalah cara mengaplikasikan foundation di wajah kamu, dan memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit kamu.


1. LIQUID


Foundation ini berbentuk cair. Liquid foundation adalah jenis foundation yang bisa digunakan di hampir semua jenis kulit. Dan yang paling sering digunakan oleh banyak orang termasuk makeup artis ternama. Karena Liquid foundation mempunyai intensitas warna yang paling baik dengan pilihan gradasi yang lebih banyak, serta mudah dicampur untuk menghasilkan warna yang paling mendekati dengan warna yang kita inginkan.
Untuk kamu yang kulit berminyak, bisa memilih liquid foundation yang less-oil /oil-free, dan gunakan makeup primer setelah menggunakan pelembab. Untuk kamu yang kulitnya kering, pastikan kamu sudah memberikan mosturizer sebelumnya.

Tuang sedikit foundation di tangan kamu, lalu aplikasikan dengan kuas foundation, ratakan di seluruh wajah.

2. CREAM


Gunakan sponge yang sudah dibasahi untuk menggunakan foundation jenis ini. Ambil sedikit dengan sponge, buat titik-titik kecil pada wajah, lalu ratakan dengan baik pada seluruh wajah dan leher. Hasil dari penggunaan foundation ini, akan membuat wajah lebih shinny. Karena itu Plum tidak recommend untuk mereka yang kulitnya berminyak. Sedangkan untuk yang kulitnya kering, foundation ini juga kurang bagus, karena bisa membuat kulit terlihat flacky.


3. MOUSSE

Menurut Plum, mousse foundation itu  : JENIUS. Teksturnya sangat ringan dan lembut, cocok untuk semua jenis kulit. Aplikasinya pun mudah, hanya dengan menggunakan tangan bersih saja, sama seperti saat kita menggunakan pelembab. Cocok sekali untuk dipakai sehari-hari. Ketahanannya memang tidak sebaik yang lain, tapi Plum tetap berani merekomendasikan foundation jenis ini untuk pemakaian sehari-hari.


4. SPRAY

Spray foundation masih agak jarang kita temukan di Indonesia. Foundation ini teksturnya hampir sama seperti liquid foundation, hanya saja lebih cair dan ringan. Foundation ini juga cocok di hampir semua jenis kulit. Walaupun ini adalah spray foundation, tapi jangan langsung di semprotkan ke wajah ya. Tetap semprot di tangan kamu terlebih dahulu, lalu aplikasikan dengan kuas. Untuk mendapatkan efek 'airbrush' tepuk-tepuk dengan sponge. 

Selain dari 4 jenis foundation yang Plum sudah sebutkan diatas, tentu saja masih ada jenis foundation lain. Misalnya foundation yang bentuknya seperti bedak padat, yang sangat cocok untuk kulit kering. Dan ada juga  yang bentuknya seperti bedak tabur. Kedua jenis foundation itu penggunaannya sama seperti bedak saja.

Selalu gunakan aplikator untuk foundation, kuas foundation atau sponge. Hindari penggunaan tangan, kecuali untuk mousse, karena akan susah membuatnya tercampur dan membaur rata di seluruh wajah. Aplikasi dengan tangan juga bisa menyebabkan pemakaian foundation yang berlebihan. Setelah kamu menggunakan foundation dengan 4 tekstur yang Plum sudah ceritakan diatas, tunggu sampai foundationnya meresap, lalu gunakan bedak tabur. Atau kalau kamu mau tetap menggunakan bedak compact favoritmu, aplikasikan dengan kuas bedak, supaya tidak terlalu tebal. 

Jangan lupa untuk meratakan foundation kamu. Take your time to blend...blend...and blend.... 

Selamat mencoba girls.... :)


xoxo.


You Might Also Like

0 comments

thanks for visiting me... and for replying mine... :)