Kadaluarsa Makeup

11:51






Setelah ber-makeup, wajah kamu jadi berjerawat atau iritasi ?? Tapi setelah diperiksa ke dokter kulit, wajah kamu bukan tipe wajah sensitif?? Mungkin kesalahan buka pada wajah kamu. Tapi alat makeup kamu yang mungkin sudah tidak layak pakai lagi.

Perusahaan kosmetik  biasanya tidak mengikutsertakan tanggal kadaluarsa produk-produknya. Karena itu kita sendiri yang harus teliti memilih mana yang masih bisa dipakai, mana yang sudah harus dibuang. Karena makeup yang sudah tidak layak pakai bisa mengakibatkan iritasi atau infeksi. Kalau parah bisa mengakibatkan kerusakan yang permanen pada wajah kita.

So here's some tips, kapan kamu harus mengganti alat makeup kamu... :)

CONCELEAR 
Bisa digunakan sampai dengan 12 bulan. Simpan dalam suhu kamar dan pastikan kemasan tertutup rapih saat kamu simpan.

PRODUK BEDAK (Loose/compact)
Bisa digunakan sampai dengan 2 tahun. Tapi walaupun masih baru tapi kalau sudah membuat kulit kamu perih, segera hentikan pemakaian.

CREAM & GEL CLEANSER
1 Tahun. Pastikan kemasan tertutup rapat, dan simpan dalam suhu yang dingin.

EYELINER 
Untuk Pinsil, pabila ujungnya sudah berubah warna, harus segera diserut. Bisa digunakan sampai 4 tahun. Liquid eyeliner 12 bulan. Gel eyeliner juga 12 bulan.

EYESHADOW 
Yang powder bisa digunakan sampai dengan 3 tahun. Cream eyeshadow bisa sampai 12 bulan. Pinsil Eyeshadow bisa digunakan sampai dengan 3 tahun.

FOUNDATION
Yang berbahan dasar air akan tahan sampai dengan 12 bulan. Liquid foudation/creamy foundation lainnya akan bertahan sampai dengan 18 bulan.

LIPSTICK
Beberapa ahli mengatakan 1-2 tahun. Beberapa mengatakan bisa sampai 4 tahun. tapi untuk memastikan, cium sajaa aroma lipstick kamu. Kalau berbau sudah tidak enak dan pada saat dipakai kamu bisa merasakan pahit, buang lipstick kamu. Simpan lipstik di lemari es, supaya bisa bertahan lebih lama.

MASCARA
Buang mascara kamu setelah 4 bulan.


Setelah kemasan dibuka, kandungan kimia di peralatan makeup kita akan berproses. Karena itu kita harus selalu mengingat kapan kita membelinya agar kita bisa menggantinya apabila sudah lewat waktunya. Dan ingat, kamar mandi bukanlah tempat yang baik untuk menyimpan alat makeup maupun skin care kita. Bersihkan kuas dan aplikator makeup kamu sebulan sekali,.Untuk Sponge bersihkan tiap minggu dan ganti tiap bulan.

Take a good care of  your makeup kit means taking care of your face too. Dan daripada cuma beli-beli doang, dan pas expired harus dibuang, yuk belajar makeup.... Follow twitter Plum for Makeup tips...

xoxo,

You Might Also Like

0 comments

thanks for visiting me... and for replying mine... :)