OBAMA Dan Sebuah Ironi.....

00:01

Pagi ini merupakan hari Pahlawan yang bersejarah bagi Indonesia. Karena hari ini kita kedatangan tamu Presiden Amerika Serikat, Barrack Husein Obama. Tokoh ini sangat spesial bagi sebagian masyarakat Indonesia. Seperti yang kita tau bahwa Obama pernah menghabiskan 4 tahun dari masa kecilnya di Jakarta.


obama saat bersekolah di Jakarta

Tadinya gue termasuk salah seorang yang biasa-biasa aja menanggapi terpilihnya Obama sebagai presiden U.S.A serta kunjungannya ke Indonesia yang sempat 2x tertunda. Dan gue pun sempat menuliskan di account twitter gue, @simariamercedes , what is so special about Obama. He spent 4 years here, so...??? It's not like he's gonna save us from poverty or something... Menurut gue reaksi masyarakat agak terlalu berlebihan aja. Banyak yang dengan percaya dirinya menulis "Welcome home, Mr. President.". Gue sempat menimpali status-status seperti ini dengan nada agak cuek, yeah rite, kayak dia anggap ini rumahnya aja.

disambut oleh Presiden Indonesia dan ibu di Istana

Memang beberapa hari sebelumnya, gue sempet nonton sebuah film di HBO tentang Obama. Mulai dari pelaksanaan kampanye sampai dengan pemilu sampai dengan pengangkatannya. Gue bukan seseorang yang menyukai politik walaupun gue kuliah di jurusan yang harusnya berhubungan dengan politik, jadi gue nggak terlalu memperhatikan tentang isi speechnya dia. Tapi yang gue lihat dia as a person sepertinya memang sangat berkharisma, dia bisa membuat pekerja-pekerja di sekitarnya nyaman walaupun sedang dalam tekanan, dan dia adalah seorang family man. Tapi kekaguman gue hanya sebatas itu aja.


baru tiba

Hari ini, semuanya berubah. Dan itu semua karena kuliah singkat yang ia berikan di kampus Universitas Indonesia.


di Universitas Indonesia memberikan kuliah umum yang sangat inspirasional


Pertama kali gue tetap tidak terlalu menyimak isi speechnya. Komentar gue hanya, suaranya Obama ini bisa bikin semua orang memperhatikan dia. Body languagenya sangat santai tapi berwibawa. Dan dia berpidato dengan lancar tanpa melihat lihat catatan.

Karena diulang-ulang di semua stasiun tv, akhirnya gue pun tertarik untuk menyimak pidatonya. Kebetulan ada yang sedang siaran ulang dari awal. Dan BAMMMM!!!!!!! He stunned me with his first Sentence...

"Terimakasih...."
.

Dari kalimat pertama itu aja, udah bikin gue penasaran. Berapa banyak bahasa Indonesia yang akan dia pakai. Ternyata yang mengagumkan bukan hanya banyaknya kata-kata dalam bahasa Indonesia yang digunakannya. Memang tidak terlalu banyak, tapi semuanya kata-kata yang sangat penting, yang mungkin banyak orang Indonesia asli sudah tidak pernah menggunakannya lagi....

"Indonesia adalah bagian dari saya..." , "Bhineka Tunggal Ika", "Pancasila"......





Mulai dari pertama speech sampai terakhir dia menutupnya, gue seperti terhipnotis oleh dia. Pembahasannya, cara dia membawakannya, intonasi dan sorot matanya. Luar biasa banget. And then yes..... Suddenly I feel Proud.... Tiba-tiba gue menjadi sangat-sangat bangga. Bukan terhadap Obama yang pada faktanya pernah jadi anak menteng, atau hal-hal yang seperti itu. Tapi gue bangga karena ternyata Indonesia memang sangat indah. Seseorang yang hanya tinggal 4 tahun disini saja bisa melihatnya, dan infact itu membekas di diri dia. Dia belajar toleransi, dia belajar rendah hati, dia belajar menghormati dan belajar bersosialisasi, dari norma-norma Indonesia.

Gue bangga karena pada akhirnya mata gue terbuka, bahwa ternyata negara kita tidak terlalu beda dengan negara adikuasa itu. Ternyata sebenernya masih ada harapan kalau kita semua mencintai negeri ini dengan sepenuh hati dan berjuang bersama. Karena negara besar itu pun dulunya seperti kita.....

kapan ya Indonesia punya seseorang yang seperti ini. Bisa menginspirasi banyak orang dengan kata-katanya.

Gue bangga bahwa seorang tokoh internasional, penerima nobel, mengakui bahwa Indonesia adalah bagian dari dirinya, bahwa norma-norma dan pendidikan dasar Indonesialah yang membuat dirinya menjadi seperti sekarang ini. Dan gue bangga, bahwa seorang Barrack Obama tanpa malu mengakui Indonesia adalah kampungnya.... He open my eyes..... :)

Banyak yang bilang semua isi pidatonya adalah basa basi dan bermuatan politik. Well I say, We will never know. He might not save us from poverty or something, but he did save me from negativity. I started falling in love again with Indonesia........ Presiden Amerika membuat gue jatuh cinta lagi sama Indonesia. Perasaan yang nggak pernah di timbulkan oleh presiden atau pejabat atau siapapun dari negeri sendiri... Ironis.....






Sepertinya gue akan banyak bercerita tentang ketertarikan gue sama tokoh yang satu ini.... I'm in love..... :)

You Might Also Like

13 comments

  1. Ninneta, I like this posting.....

    Gua ga nyangka kalo kecintaan akan negeri sendiri bisa dibangkitkan oleh dia yang bukan warga negara Indonesia. Gua setuju, kalo sampe sekarang blom ada pemimpin negara ini yang bisa membuat kita benar-benar jatuh cinta sama Indonesia

    If the leader can't lead us how to love Indonesia. Let the citizens show it... Right?

    ReplyDelete
  2. bener banget mba'....

    sebuah pidato yang begitu hebat...

    membuat orang Indonesia kembali mencintai negaranya sendiri justru dari orang yang hanya 4 tahun tinggal di Indonesia >.<

    ReplyDelete
  3. wah sayang saya ngga lihat mbakk

    ReplyDelete
  4. Jujur saya belum mendengarkan apa isi kuliah umum Obama kemarin, tapi membaca postingan ini terus terang saya jadi benar-benar penasaran.

    Kita bisa kembali cinta pada negeri ini oleh seorang sosok Obama membuat saya merinding membayangkan isi pidatonya ini. Cari ah di Youtube hehehe.

    I like this posting :D

    ReplyDelete
  5. belum liat nih pidatonya Mr. President...

    uda lama ngga mampir kesini, smoga slalu bahagia :D *CHEERS

    ReplyDelete
  6. Sama net...
    Ini juga yg gw rasain sebelum dia datang dan memberikan pidato pada jamuan makan malam di istana. Dia seperti bisa menyihir pendengarnya ya..?!
    Satu hal yg bikin gw akhirnya suka sama dia adalah dia bicara dengan "bahasa indonesia yg sangat baik". Tau kan maksud gw?? Ya betul, banyak org Indonesia yg tidak bisa atau tidak mau bicara dalam bahasa dan dialek Indonesia yg baik dan benar. *you know what I meant. Artis2 yg ga asik itu lho...*

    ps: gw suka bgt dgn cara menulis lo dear...

    ReplyDelete
  7. hehehe, berarti obama sangat-sangat keren bisa mengubah pandangan seseorang yg warga indonesia sendiri ^^

    ReplyDelete
  8. haloo, kemana aja nih selama ini?

    kalo jatuh cinta ma negara sendiri sudah sejak dulu mbak, sejak saya kuliah desain dapat tugas riset seni dan kebudayaan Indonesia.
    Indonesia negara KAYA, rugi lho nggak jadi orang KAYA di negeri sendiri, he3

    salam,
    Ica Puspita

    ReplyDelete
  9. Hai Ninneta..

    aku juga sudah lama ga blogwalking..

    hehehe..

    Salam..

    :)

    ReplyDelete
  10. hola hola mbak ninnetaaaaaaa
    apa kabarnya???udah lama bgt nih gak baca tulisan2 mbak ninneta
    anyways...aku jg gara2 lebaynya org indo sm obama malah jd apatis bgt...but when i saw him on podium, delivered such a beautiful speech...dang! im in love...
    kapan yah kita bakal punya presiden yang kharismanya begitu menawan kayak gitu...jadi kangen soekarno :)

    ReplyDelete
  11. Ironis memang, tapai apapun itu, tiulah kenyataannya, bukan begitu,,?Hmmmm


    but so nice, salam
    maaf telat berknjung neh,hehe :)

    ReplyDelete
  12. aduh mba,.bagus banget tulisannya:)

    ReplyDelete
  13. wow..suka bgt posting ini..
    n posting2 mbak yg lain..
    makasi2 membuka mata sy juga..
    hehe

    ReplyDelete

thanks for visiting me... and for replying mine... :)